займ на карту онлайн

Dari 22 Siswa, 5 Calon Paskibraka Bengkalis Akan Ikut Seleksi di Provinsi Riau


RIAU24.COM -BENGKALIS – Pada tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali melakukan seleksi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang sebelumnya ditahun 2020 tidak dilaksanakan.

Dalam seleksi kali ini, sebanyak 22 pelajar tingkat SMA/SMK/MA mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Riau dan Nasional di selenggarakan Dinas Parawisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis (Disparbudpora).

Seleksi paskibraka salah satunya meliputi tes fisik, tes kesehatan serta kesamaptaan (PBB) diselenggarakan di GOR Perkasa Alam Bengkalis.

Baca Juga: LAMR Bengkalis Dukung Penuh Membangun Infrastruktur, Sarana di Komplek Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut

Kadisparbudpora H Anharizal melalui Bidang Kepemudaan Seksi Standarisasi dan Infrastruktur Kepemudaan Salahuddin, mengatakan bahwa para pelajar yang mengikuti seleksi tes fisik dan kesehatan merupakan para pelajar yang lolos  sebanyak 22 orang.

”Kegiatan seleksi calon anggota paskibraka untuk mewakili Kabupaten Bengkalis tahun 2021 diikuti siswa/siswi dari 21 SMA/MA/SMK se-kabupaten Bengkalis. Yang lolos seleksi administrasi, mengikuti tes administrasi, tes fisik dan kesehatan dari tanggal 01 sampai 04  Mei,”ujar Salahuddin, Rabu 5 April 2021.

Disampaikannya, seleksi mensyaratkan setiap sekolah dapat mengirimkan dua wakil siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Bengkalis yang nantinya akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Salahudin menambahkan peserta akan diseleksi postur fisik dan kesehatannya yang meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, kesehatan gigi, mulut, mata, kulit, bahu, dan riwayat penyakit. 

Baca Juga: Pemkab Serius Garap Potensi Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut

Kemudian, peserta juga akan dinilai tes kesamaptaan berupa lari dan PBB (Peraturan Baris Berbaris) bekerja sama dengan Kodim 0303 Bengkalis.

”Dari 22 yang mengikuti tes hari ini akan diambil 5 siswa yakni putra sebanyak 2 orang dan putri 3 orang. Yang lolos selanjutnya akan mengikuti  seleksi tingkat Nasional dan Provinsi Riau,”ujarnya.

Menurutnya lagi, syarat menjadi paskibraka disamping memiliki postur fisik dan kesehatan yang bagus, juga memiliki pengetahuan, kemampuan diri, serta sikap yang sangat baik terutama dalam hal kedisiplinan sebagai contoh bagi teman-temannya.

”Yang diharapkan seorang paskibraka, pertama fisik memiliki tinggi badan untuk putra maksimal 180 cm, minimal 170 cm, sedangkan putri minimal 165 cm, dan maksimal 175 cm dengan berat badan proporsional atau ideal. Selain itu, ia juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang wawasan kebangsaan, pengetahuan umum juga penting karena penilaian tingkat Provinsi juga ada tes pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris, kemampuan bakat,”tuturnya.

Paskibraka harus menjadi contoh bagi teman, sikapnya, pengetahuan, postur tubuh, seorang paskibraka juga harus memiliki sikap kedisiplinan yang tinggi. Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi, fisik dan PBB diumumkan Senin Malam ini (04/05) lalu dan peserta diinapkan disalah satu hotel Bengkalis.

 



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1620153083-dari-22-siswa-5-calon-paskibraka-bengkalis-akan-ikut-seleksi-di-provinsi-riau
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...