Dampak Covid-19, Pemko Pekanbaru Berencana Beri Stimulus Pembayaran Pajak Daerah


PEKANBARU (CAKAPLAH) – Dampak wabah virus Corona atau Covid-19 merembet ke berbagai sektor, terutama ekonomi. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana memberikan stimulasi pembayaran pajak bagi warga Kota Pekanbaru.

Kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, bentuk stimulus yang akan diberikan saat ini masih dibahas. Ia mengaku sudah mendapatkan arahan dari Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT untuk menyikapi dampak Covid-19.

“Kami diperintahkan mengkaji langkah memberikan keringanan pada masyarakat dalam membayar pajak daerah,” kata pria yang akrab disapa Ami itu, Kamis (26/3/2020).

Langkah ini dibahas dalam satu minggu ke depan. Jika sudah rampung, akan diajukan pada Wako Pekanbaru. “Pekan depan akan kita bawa ke rapat pimpinan. Sekarang dalam proses. Arahan pak wali beri stimulus pada masyarakat terhadap pajak. Artinya beri masyarakat kemudahan,” jelasnya.

Lanjutnya, pembahasan dilakukan untuk melengkapi administrasi dan regulasi yang diperlukan. “Mungkin Selasa depan sudah nampak dan ada keputusan,” kata dia.

Kata dia, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak daerah sebelum Covid-19 mewabah menunjukkan hasil yang sangat positif. Hingga pekan lalu, total pajak daerah yang dihimpun untuk triwulan (TW) I 2020 berada di angka Rp136,03 miliar.

Angka itu melebihi target yang ditetapkan yakni di angka Rp135 miliar lebih. Tahun 2019 lalu, pada periode yang sama pajak daerah yang dihimpun di angka Rp102,6 miliar. Ada kenaikan sekitar Rp34 miliar.

Dirincikan pada TW I hingga akhir pekan kemarin, pajak hotel menyumbang Rp10,4 miliar, restoran Rp30,3 miliar, hiburan Rp5,6 miliar, reklame Rp7,2 miliar, pajak penerangan jalan Rp34,7 miliar, parkir Rp5,5 miliar, air bawah tanah Rp1,1 miliar, dan sarang burung walet Rp68 juta. Sementara PBB Rp10,8 miliar, BPHTB Rp28,6 miliar, dan denda pajak Rp1,3 miliar.

Diperkirakan, dari perhitungan awal saja Covid-19 akan memberikan dampak penurunan pendapatan daerah sebesar 30 persen. Ini yang akan diupayakan untuk digenjot pada bulan-bulan mendatang jika kondisi sudah membaik.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/51566/2020/03/26/dampak-covid19-pemko-pekanbaru-berencana-beri-stimulus-pembayaran-pajak-daerah/

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...