Cecep: KI Riau Harus Dorong Badan Publik Jadi Sahabat Masyarakat

Share



PEKANBARU (CAKAPLAH) – Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Cecep Suryadi, ‎menegaskan semua badan publik, sepanjang menerima dana dari APBD/APBN, harus tunduk terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“KI selalu mendorong agar semua badan publik transparansi informasi publik. Ini tugas semua pihak, badan publik harus bisa menunjukan bahwa pentingnya transparansi dan akuntabel dalam memberikan informasi publik,” kata Cecep saat memberikan sambutan pada Anugerah KI Riau Award 2017, Kamis (7/12/2017) di Pekanbaru.

‎Menurutnya acara Anugerah KI ini sangat lazim dilakukan di daerah. Pemberian penghargaan ini bukanlah yang terpenting namun yang terpenting adalah sinergi.

“Ini sebuah cara untuk memberi apresiasi bagi badan publik yang telah transparan memberikan informasi publik. Karena itu KI juga harus didukungan dari semua aspek kelembagaan, apabila perangkat belum terpenuhi agar dilengkapi,” ujarnya.

Disamping itu, Cecep mendorong agar KI Riau dapat bersinergi dengan semua pihak termasuk BPK untuk memberikan pendampingan penyelenggaraan anggaran di badan publik.

“Jadi badan publik itu jangan takut memberikan informasi publik. Padahal itu akan akan membantu tugas, dan akan menaikan reputasi badan publik. Untuk itu KI juga harus mendorong badan publik menjadi sahabat masyarakat,” tukas mantan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau dua periode itu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim ‎meminta kepada KI untuk dapat berdampingan dengan Pemprov Riau untuk saling melengkapi mana yang kurang baik dalam memberikan informasi publik.

“Atas nama Pemprov Riau saya apresiasi acara KI Award 2017 ini. Insya Allah ke depan KI Riau dapat mendorong badan publik untuk membentuk pelayanan publik,” harapnya.

Karena itu, Wan Thamrin meminta bagi OPD di lingkungan Pemprov Riau yang belum membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk segera.

“Saya kira ini tidak perlu penegasan lagi. Karena ini sudah amanah UU yang harus dipenuhi OPD. Tentunya semua kan tidak harus bis salabin jadi, tapi semua butuh proses,” pungkasnya.


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2017/12/07/cecep-ki-riau-harus-dorong-badan-publik-jadi-sahabat-masyarakat/


Share

Baca Juga