займ на карту онлайн

Catat! Ini Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Minta Maaf


Suara.com – Setiap orang pasti melakukan kesalahan. Pada saat itulah sebuah permintaan maaf dilontarkan. Nyatanya, tidak semua permintaan maaf itu mudah. Hal ini biasanya karena kesalahan yang dilakukan terlalu fatal.

Namun, walaupun sulit, tidak ada salahnya meminta maaf. Hal tersebut akan membuat diri menyadari jika telah melakukan kesalahan.

Selain itu, meminta maaf juga membuat orang lain tahu jika diri kita telah menyadari kesalahan yang diperbuat. Sebelum meminta maaf, terdapat hal-hal yang harus dipahami, di antaranya:

1.  Pahami alasan untuk minta maaf

Baca Juga: Cacat Keteladanan, PKS: Jokowi Harus Minta Maaf soal Kerumunan Massa di NTT

Hal yang penting sebelum meminta maaf adalah diri kita harus memahami alasan mengapa hal tersebut dilakukan. Misalnya, mengakui jika diri telah melakukan kesalahan. Selain itu, cobalah untuk belajar dari kesalahan yang dilakukan, serta ekspresikan rasa penyesalan dari dalam diri. Coba juga untuk jujur dengan orang lain.

Ilustrasi meminta maaf (Elements Envato)

Dengan meminta maaf secara tulus akan membuat perasaan menjadi lega, terutama hika diterima. Selain itu, meminta maaf juga dapar memperbaiki hubungan yang rusak akibat kesalahan yang dilakukan. Ketika melakukan kesalahan juga diri kita harus belajar agar tidak mengulangi hal yang sama.

2. Ketahui kapan harus meminta maaf

Tidak semua orang saat terjadi suatu kesalahan langsung memaafkan saat itu juga. Oleh karena itu, orang yang bersalah harus mengetahui kondisi yang tepat untuk meminta maaf.

Saat perasaan sedang dipenuhi rasa marah, meminta maaf adalah hal yang sia-sia. Untuk itu, coba beri waktu orang tersebut dan pikirkan cara yang baik untuk meminta maaf.

Baca Juga: Penembakan di Kafe Cengkareng 3 Orang Tewas, Kapolda Minta Maaf ke TNI AD

Para peneliti menemukan, orang percaya bahwa kepribadian bisa berubah dengan meminta maaf atas tindakan yang merugikan. Hal itu karena mereka merasa bahwa perubahan itu mungkin.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/02/26/065000/catat-ini-hal-yang-mesti-diperhatikan-saat-minta-maaf
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...