Bupati dan Ketua DPRD Pemalang Belajar Pengembangan Objek Wisata ke Siak

Share



SIAK (CAKAPLAH) – Bupati Pemalang Junaidi bersama Ketua DPRD dan sekretaris daerahnya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Siak, Kamis (7/12/2017).

Kunjungan kerja Bupati Pemalang, Jawa Tengah beserta rombongan tersebut disambut langsung oleh Bupati Siak Syamsuar, Asisten 1 beserta OPD lainnya yang dipusatkan di Kampung Berumbung Baru, Kecamatan Dayun.

Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan kondisi dan perkembangan Kabupaten Siak. Ia mengatakan bahwa di wilayah Kabupaten Siak ini terdapat tujuh Kecamatan eks Transmigrasi. Ketujuh eks transmigrasi itu ada usahanya di sektor Pertanian dan perkebunan sawit.

“Dulu Kabupaten Siak ini adalah sebuah kecamatan kecil, saat ini sudah menjadi kabupaten  sendiri yang terdiri dari 14 kecamatan. Sejak digulirnya Otonomi Daerah ini, banyak sekali perkembangan yang dilakukan oleh Pemkab Siak. Disegi penduduk, dulu jumlah penduduk hanya 200 ibu jiwa sekarang sudah menjadi 420 ribu jiwa,” jelas Syamsuar.

Bupati Siak juga mengatakan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat berbagai strategi juga telah dilakukan oleh  Pemkab Siak, salah satunya mengembangkan objek wisata dan kawasan industri Tanjung Buton.

“Oleh sebab itu, bagi Kabupaten Siak, Otonomi Daerah yang dilakukan oleh pusat sangat membantu daerah dalam meningkatkan pembangunannya,” ujarnya.

Memang saat ini, kata syamsuar, di daerah tergendala dalam melakukan pembangunan karena anggaran Bagi Hasil Migas tidak lagi memadai. Meski demikian, Pemkab Siak tetap terus berusaha melakukan pembangunan dengan mengunakan dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat saat ini.

Lebih jauh Ketua Golkar Siak ini mengatakan, selain meningkatkan pembangunan pertanian dan objek wisata, Siak juga terus melakukan pembangunan jaringan listrik. Buktinya  semua desa yang ada di Kabupaten Siak telah dialirkan listrik dan tidak ada lagi kampung yang gelap.

Bupati Siak juga mengatakan, untuk pemerataan jumlah penduduk, saat ini Pemkab Siak sedang mempersiapkan  kawasan transmigrasi di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten siak.

Sedangkan Bupati Pemalang Jawa Tengah Junaidi, mengatakan daerahnya berada di tengah-tengah pulau Jawa, dan sebenarnya sangat strategis jika dikembangkan sektor wisatanya.

“Tujuan kami selaku pemerintah bagaimana masyarakat bisa sejahtera, karena itulah studi banding ini sangat perlu dilakukan agar bisa dicontoh. Kami sengaja datang ke Kabupaten Siak untuk berguru,” ujarnya.

Junaidi mengaku, sangat tertarik sekali melihat semua program yang dilakukan oleh Bupati Siak dan pihaknya akan berupaya menerapkannya di Pemalang.


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2017/12/07/bupati-dan-ketua-dprd-pemalang-belajar-pengembangan-objek-wisata-ke-siak/


Share

Baca Juga