займ на карту онлайн

Bukan Cuma Ikan Hias, Arowana Juga Bisa Jadi Peluang Bisnis Menggiurkan


Suara.com – Arowana mungkin telah sejak lama menjadi pilihan ikan hias bagi banyak masyarakat di Indonesia. Tapi, yang tidak banyak diketahui bahwa budidaya ikan Arowana juga bisa menjadi bisnis yang menggiurkan.

“Arowana juga memberikan dampak yang positif tidak hanya untuk pelestarian atau hobby semata, namun jika diseriusi bisa mendatangkan hasil bisnis dengan omset yang cukup besar bagi para pelaku usahanya,” kata Edy pendiri Iseereds dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Bahkan ketertarikan masyarakat terhadap budidaya ikan Arowana ini juga terlihat pada Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo yang diadakan pada 3-7 Maret 2021 di Pacific Place Mall, Jakarta.

Ikan Arowana. (Dok: Istimewa)

Edy mengatakan, bahwa gelaran itu bertujuan untuk mengenalkan lebih luas ke masyarakat bahwa ikan hias terbaik didunia itu adanya di Indonesia. Selain itu juga untuk ingin melestarikan dan membudidayakan jenis ikan purba ini agar tidak punah.

Baca Juga: Viral Ikan Koi Dimasak Gulai, Publik: Makannya Sambil Meneteskan Air Mata

Lebih lanjut, Edy mengatakan bahwa pihaknya untuk mengikis persepsi bahwa hobby Arowana itu hanya diminati oleh lapisan kelas atas saja. Nyatanya sekarang banyak lapisan bawah dan menengah mulai beralih ke Arowana, karena mengurus Arowana itu tidak sulit.

“Bahkan dimasa pandemi saat ini, banyak orang yang sudah serius untuk membudidayakan Arowana, mulai dari mencoba sebagai breeder, penjual akuarium, penjual makanan Arowana yang notabene terjadi perputaran roda perekonomian juga. Bisa dibilang ini adalah hobby yang menghasilkan uang,” kata Edy.

Menariknya dalam sesi penjurian Arowana ini, mata juri benar-benar dituntut kejeliannya. Mungkin bagi orang awam semua ikan disini bagus, tapi mata jurilah yang bisa menjawabnya, yang seakan-akan juga berbicara dengan ikan-ikan tersebut, Kedepannya kita juga ingin berbagai kontes Arowana internasional akan ada juri utama dari Indonesia, ” ujarnya lagi.

Sebagai informasi, kompetisi Arowana jenis Super Red yang diikuti oleh 35 peserta terbagi dalam 3 kelas yakni kecil, sedang, besar. Semua kontestan yang umumnya juga bergabung di berbagai komunitas Arowana di Tanah Air, dipilih dari seleksi yang cukup ketat.

Berbagai ikan tersebut umumnya juga merupakan pemenang diberbagai kontes kejuaraan Arowana yang pernah ada sebelumnya. Dalam event ini, Iseereds tidak menurunkan ikannya, hanya sebagai penyelenggara saja.

Baca Juga: Penasaran Berat, Warganet Ini Goreng Ikan Koi Peliharaan, Begini Rasanya

“Kami memang tidak melombakan ikan kami. Karena kami ingin kompetisi ini berlangsung dengan fair, disamping misi kami disini adalah mengenalkan serta mengedukasi Arowana ke masyarakat. Tidak hanya lomba saja, kami juga ingin berbagi lewat kegiatan charity. Jadi para pemenang di event ini akan menyerahkan hasil uang juaranya untuk didonasikan ke panti asuhan yang mereka pilih atau untuk membantu dana penanggulangan Covid ke instansi terkait,” kata Edy.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/03/06/143647/bukan-cuma-ikan-hias-arowana-juga-bisa-jadi-peluang-bisnis-menggiurkan
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...