займ на карту онлайн

Bukan 307, Ternyata Ada 324 Pemilih di PSU Desa Ringin, Inhu


Rengat (CAKAPLAH) – Bukan 307 melainkan 324 jumlah surat suara yang ada di TPS 3 Desa Ringin Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) 20 April 2021 mendatang. Hal ini disebabkan adanya Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) berjumlah 17 pada saat pemilihan 9 Desember 2020 lalu.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu, Yeni Mairida, saat melakukan Rapat Koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan bupati dan wakil bupati Inhu tahun 2020 pasca putusan Mahkamah Konstitusi di aula KPU Pematang Reba, Sabtu (3/4/2021).

“Untuk menghadapi PSU, kami tidak semudah itu melaksanakan PSU. Namun harus mempersiapakan tahapan dari awal sampai akhir dan kami juga akan mengganti semua petugas penyelenggara di TPS 3 Desa Ringin,” ujar Yeni.

Lanjutnya, jika nanti ada pemilih tambahan DPTb selain dari 17 orang, meskipun memiliki KTP ingin menggunakan hak suara pada PSU, tidak bisa lagi. KPU hanya menerima nama-nama yang ada di dalam daftar hadir pada tanggal 9 Desember 2020 lalu.

Dalam hal ini, Yeni juga mengatakan, pembentukan petugas KPPS dan PPS kurun waktu 14 hari kerja. KPU juga mensosialisasikan peserta pemilu kepada seluruh masyarakat di TPS 3 Desa Ringin.

“Sosialisasi akan kami lakukan dan akan memasang sepanduk di lokasi TPS 3, karena dalam pelaksanaan PSU tidak ada lagi Kampanye maupun Penyampaian Visi dan misi dari paslon maupun tim sukses,” kata Yeni dalam Rapat.

Rapat koordinasi ini dihadiri langsung oleh PJ Bupati Inhu Chairul Riski, Dandim 0302 Inhhu diwakili Kapten infanteri PT Situmorang mewakili Dandim, Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizal S.I.K, Bawaslu Inhu, Kabag Tapem, Kesbang Pol dan para paslon Bupati dan wakil bupati.

Usai keputusan MK nomor 93/PHP.BUP-XIX/2021 yang dalam amar putusanya pada pokok permohonan kedua menyatakan batal berlakunya, maka KPU Inhu untuk melakukan pemungutan suara setelah putusan MK di Satu TPS 3 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal dalam waktu paling lama 30 hari setelah putusan MK.

Dalam sambutan PJ Bupati Inhu Chairul Riski menjelaskan, salah satu tugas diri nya di Inhu adalah menjalankan serta memantau agar PSU aman, lancar dan tentram.

“Kemarin kami sudah meninjau TPS 3 di Desa Ringin, mudah-mudahan nanti KPU dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya dan tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan,”Jelas PJ Bupati.

Di sisi lain Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.I.K saat memberikan arahan, dirinya mengatakan agar pelaksanaan PSU nantinya dilaksanakan dengan Jujur, Bersih dan aman. Saat ini, di TPS 3, Pihak polres inhu sudah mempersiapkan personil gabungan TNI, Polri dan Satpol PP. Ini bertujuan agar pelaksanaan PSU aman, tidak ada money politik dan sebagainya.

“Tidak ada lagi sengketa di MK, mudahan PSU dilaksanakan sebaik mungkin. Tujuan personil di TPS 3 untuk menghindari maupun pencegahan terjadinya money politik serta tidak ada lagi kampanye di lokasi tersebut,” jelas Kapolres Inhu.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/67596/2021/04/03/bukan-307-ternyata-ada-324-pemilih-di-psu-desa-ringin-inhu/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...