Buah Liar Ini Punya Khasiat Diluar Dugaan


RIAU24.COM –  Pernah mendengar buah rambusa?

Buah ini berasal dari tanaman liar yang tumbuh merambat di daerah hutan, pesisir pantai, sawah, ladang, atau tanah yang tidak terawat tapi mendapat cahaya matahari.

Buah ini disebut-sebut sebagai markisa mini karena bentuknya yang lebih kecil daripada markisa sungguhan.

Buah ini sangat berbahaya waktu muda karena beracun. Namun, ketika sudah matang, buah ini dapat dikonsumsi karena mengandung banyak manfaat.

Baca Juga: Ahli Syaraf Ungkap Dengan Pasien COVID-19 yang Kritis Akan Menghadapi Resiko Mematikan Seperti Ini

1. Mencegah Anemia

Buah rambusa mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah. Sehingga, mengonsumsi buah ini dapat membuat kita terhindar dari penyakit anemia, yaitu suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Rambusa mengandung kalsium yang berguna dalam menjaga kesehatan tulang serta menjaga kepadatan tulang, sehingga efektif untuk mencegah resiko terkena osteoporosis

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Selain dapat menjaga kesehatan tulang, kalsium yang terkandung didalam buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Khasiat rambusa untuk kesehatan gigi dan gusi yaitu membantu memperkuat gigi dan mencegah terjadinya infeksi mulut yang dapat menempel pada gusi. 

4. Mengurangi Stres

Rambusa memiliki kandungan senyawa yang berperan dalam meningkatkan hormon kesenangan (hormon endorfin) dan dapat menjaga saraf pusat supaya tetap stabil sehingga membuat tubuh dan otak menjadi lebih rileks.

5. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Baca Juga: Roti Melon Jepang, Camilan yang Diklaim Mampu Melindungi Anda Dari Virus COVID-19

Tingginya antioksidan berupa vitamin C, Flavonoid, serta potassium yang terdapat dalam buah rambusa dapat menangkal efek radikal bebas, seperti pertumbuhan sel-sel kanker, sel yang dapat merusak jaringan kulit, dan lain sebagainya.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan mineral di dalam buah rambusa diketahui memiliki kemampuan untuk membantu kelancaran fungsi ginjal dalam proses eksresi urine.



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1623422948-buah-liar-ini-punya-khasiat-diluar-dugaan
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...