Bokek Saat Pandemi, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Menghemat Uang Anda


Suara.com – Uang menjadi salah satu sumber daya penting yang memungkinkan orang untuk punya gaya hidup yang aman dan sehat. Ada yang menganggapnya sebagai sumber kebahagiaan, tetapi lainnya mungkin sekadar melihat uang sebatas alat tukar.

Bagaimana pun cara pandang Anda terhadap uang, mengelolanya dengan benar tentu bisa menyelamatkan diri dari masalah finansial yang pelik. Mengenai pengelolaan uang bukan hanya tentang menghasilkannya sebanyak mungkin. 

Anda juga perlu menahan diri tidak memakai uang untuk sesuatu yang hanya bersifat konsumtif. Lebih bagus jika disimpan dalam bentuk tabungan atau investasi untuk persediaan di masa mendatang. Tetapi bicara saja memang mudah, bagaimana penerapannya?

Anda bisa mulai dari hal-hal sederhana seperti di bawah ini. Dikutip dari Times of India, berikut tujuh kebiasaan kecil yang bisa dilakukan untuk menghemat uang. Eits, tapi harus dilakukan dengan konsisten ya.

Baca Juga: Bidadari One Pride Asal Makassar Dilamar, Maharnya Fantastis Rp 1,7 Miliar

1. Tinggalkan kartu kredit

Ilustrasi kartu kredit (Shuttertstock).

Kartu kredit berpotensi membuat Anda untuk belanja lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Pikiran bahwa tidak perlu mengeluarkan uang tunai dan Anda tetap bisa mendapatkan aksesori atau barang yang menarik, sehingga menggesek kartu kredit terasa tidak akan menjadi masalah besar. 

Inilah mengapa Anda harus berhenti membawa kartu tersebut ke mana pun pergi. Cukul bawa uang tunai karena setiap kali membawa dengan jumlah tertentu, Anda akan punya batasan berbelanja.

2. Segera berinvestasi

Salah satu kesalahan nyata yang dapat dilakukan seseorang secara finansial adalah tidak berinvestasi. Jika Anda bertanya-tanya apakah memiliki rekening simpanan tetap dihitung, maka kenyataannya adalah Anda harus membayar pajak dengan bunga dan biaya inflasi yang sangat tinggi. Sehingga jarang mendapatkan keuntungan darinya. 

Baca Juga: Konsumen Tega! Ojol Baru Penglaris Malah Dibayar Pakai Uang Mainan

Diversifikasi investasi bisa menjadi ide yang cerdas karena akan mengamankan finansial Anda di masa depan. Investasi cerdas di pasar ekuitas, pasar riil, atau reksadana adalah cara cepat untuk menangani keuangan pribadi secara mandiri.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/10/26/185000/bokek-saat-pandemi-7-kebiasaan-kecil-ini-bisa-menghemat-uang-anda
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...