займ на карту онлайн

Berkenalan dengan Tutu, Perupa Seni Jalanan yang Doyan Angkat Isu Sosial


Suara.com – Menyandang profesi sebagai seniman yang datang dari latar belakang street art bisa jadi tantangan tersendiri terutama bagi yang tinggal di negara seperti Indonesia.

Salah satu seniman latar belakang street art kawakan Tanah AirTutu, pernah memiliki kegelisahan tersebut. Hal ini dikarenakan masih banyak yang menganggap seniman dari kalangan tersebut hanya sebelah mata.

Lelaki yang dikenal dengan nama alias Tutu atau Tuts tersebut, bukan lah seniman street art rata-rata. Ia sudah malang melintang di Tanah Air hingga mancanegara seperti Shanghai, Taiwan, Hong Kong, Singapura, bahkan di Perancis.

Belum lagi sejumlah ulasan pada beberapa media ataupun buku street art manca negara.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Seniman dan Budayawan

Tutu, seniman yang datang dari latar belakang street art (Dok. Adidas)

Kekinian, Tutu bersama rekan seniman lainAbenk Alter, baru saja didapuk berkolaborasi dengan brand footwear internasional Adidas lewat kehadiran desain karpet khusus yang dipajang di gerai The Collection milik Adidas Original.

“Awal tawaran kerjasama dengan Adidas itu ada sejak 2019. Kesempatan ini bagus untuk bisa sharing narasi yang terkait semangat  beradaptasi dan bertransformasi buat kalangan anak muda,” kata Tutu saat ditemui Suara.com dalam acara pembukaan gerai The Collection, di Pondok Indah Mall 3, beberapa waktu lalu.

Tutu mengatakan bahwa walaupun berkolaborasi dengan brand, tapi selalu memadukan  konsep dan pesan dengan teknis yang pas pada kolaborasi tersebut.

Hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang dapat dilirik pencinta seni maupun brand-brand yang tertarik untuk bekerja sama. Tutu menyinggung bagaimana pentingnya bagi seniman untuk ‘terus bereksplorasi.’

Gue yakin, karya seni mencerminkan perupanya. Kalo perupanya gak eksplor, bakal keliatan di karyanya sih.”

Baca Juga: Hidup Mewah Gibran, Pakai Sepatu Adidas Yeezy Boost Seharga Rp 20 Juta

Berawal dari Jalan
Tutu memang dikenal sebagai seniman yang bisa berkarya lintas disiplin ilmu, seniman yang tinggal di Jakarta ini, mulai berkarya di jalan sejak tahun 2000-an, dan memiliki ciri khas karya bertema narasi sosial.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/05/05/101438/berkenalan-dengan-tutu-perupa-seni-jalanan-yang-doyan-angkat-isu-sosial
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...