Beredar Gambar di Medsos Isinya Ustaz Abdul Somad Divaksin Covid-19, Ternyata Ini Aslinya


RIAU24.COM –  Belum lama ini beredar gambar yang diunggah akun Facebook Anto Sies, yang berjudul “Kesan Abdul Somad Saat Divaksin: Ndak Terasa Sakit, Tak Sesakit Ditinggal Pas Lagi Sayang-Sayangnya”. Rekaman video itu merupakan hasil tangkapan layar artikel Radar Petamburan yang diunggah pada Kamis (21/1/2021) lalu.

Dalam gambar itu terlihat Ustaz Abdul Somad tengah disuntik oleh petugas kesehatan. Memang benarkah demikian? 

Namun berdasarkan hasil penelusuran, sepreti dilansir turnbachoax.id, tidak ditemukan artikel berita Radar Petamburan seperti pada gambar hasil tangkapan layar yang diunggah Akun Anto Sies tersebut. 

Baca Juga: Kisah Satu Keluarga Di Solok yang Mengalami Gangguan Jiwa, Tinggal Di Rumah Yang Tidak Layak Huni

Diketahui gambar tersebut adalah hasil suntingan/editan. Gambar aslinya adalah petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) saat simulasi di lingkungan Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali, Kamis (10/12/2020).

Dilansir kembali oleh viva, Senin 25 Januari 2021, gambar asli ditemukan pada artikel antarafoto.com yang berjudul “Simulasi Vaksinasi Covid-19” Kamis (10/12/2020). 

Di dalamnya diterangkan bahwa petugas kesehatan di Bali menggelar simulasi penyuntikkan vaksin Covid-19 sebagai bentuk persiapan penyuntikkan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Akun Facebook Ini Sebut Ada 32 Hotel Gratis Isolasi COVID-19 Di Jakarta

Dengan demikian, gambar hasil tangkapan layar yang diunggah oleh akun Facebook Anto Sies itu adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori konten satire/parodi. ***



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1611568075-beredar-gambar-di-medsos-isinya-ustaz-abdul-somad-divaksin-covid-19-ternyata-ini-aslinya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...