займ срочно

Bercita-cita Jadi Pendakwah dan Pengusaha, Husni Merza Justru Mendapat Amanah Sebagai Wakil Bupati Siak


SIAK – Siapa sangka Husni Merza, anak dari H Ibnu Khaldun seorang Imam Masjid Syahbudin di Kota Siak Sri Indrapura, Riau ini menjadi Wakil Bupati Siak periode 2021- 2024 mendampingi Bupati Siak, Alfedri. Apalagi Husni kecil bercita-cita ingin menjadi seorang pendakwah dan pengusaha.

Tidak hanya sekedar cita-cita saja, bahkan untuk mewujudkan hal itu, pria kelahiran Siak, 30 November 1974 ini setelah lulus dari sekolah dasar (SD) langsung melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren selama 6 tahun dan lanjut pendidikan manajemen bisnis di perguruan tinggi negeri di Malaysia dengan gratis.

“Lulus dari SD Negeri 002 Siak, saya pilih untuk lanjut belajar Ponpes Wali Songo Ngabar (MTs, MA) dan ayah saya Haji Khaldun (alm) sangat mendukung sekali. Saya berangkat ke Jawa naik bus dengan abang sepupu saya. Setelah 6 tahun belajar di Ponpes, saya mengambil kuliah Syariah Banking Institute (SBI) Yogyakarta (D-2 Perbankan Syariah) karena saya ingin punya pengetahuan dasar juga untuk menjalankan usaha,” kata Husni Merza saat berbincang dengan GoRiau.com belum lama ini.

GoRiau Husni Merza, Wakil Bupati Siak

Husni Merza, Wakil Bupati Siak terpilih bersama istri dan keempat anaknya. (Foto: Istimewa)

“Kalau beasiswa kuliah di Malaysia itu saya dapat, awalnya informasi dari teman semasa belajar di Ponpes. Karena dia sudah lebih dahulu belajar di sana. Saat dilihatnya buku-buku kuliah saya, lalu dia sarankan saya kuliah di Internasional Islamic University Malaysia jurusan Administrasi Bisnis. Saya lengkapi syaratnya, yang salah satu syaratnya pernah lulus tes masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia,” kata Ayah 4 anak itu bercerita.

Husni juga menceritakan bagaimana ia bisa tetap meraih beasiswa hingga lulus di University Malaysia itu, salah satunya dengan tetap memperoleh IPK minimal 3.00 dan menjalankan kehidupan sama seperti saat dia belajar di Pondok Pesantren selama 6 tahun.

“Tentunya selama di Malaysia itu, saya fokusnya pada belajar saja. Karena Visa yang ada untuk belajar, jadi saya tidak bisa bekerja sampingan selama kuliah di Malaysia. Dan orangtua saya saat itu masih tetap mengirimkan uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari saya selama di negeri orang. Kuliah di Malaysia yang harus dikuasai pertama itu adalah bahasa Inggris. Dan dulu saya sangat fasih berkomunikasi dalam bahasa inggris, karena temannya dulu juga ada dari negara lainnya,” kata Husni.

Setelah lulus S1 di University Malaysia, Husni kembali ke Siak dan bergabung ke Yayasan Islamic Center. Beberapa idenya sangat dipuji dan diterapkan. Dia mulai banyak mengenal pejabat di lingkungan pemerintahan.

Sehingga, sebelum ditetapkan sebagai Calon Wakil Bupati Siak oleh KPU setempat, Husni Merza, BBA, MM tercatat memiliki riwayat pekerjaan yang cukup bagus. Sebelum menjabat sebagai Direktur PT Permodalan Siak atau PT Persi pada 2010-2020, Husni itu menjabat ketua KPU Siak pada usia 27 tahun. Saat itu, dilangsungkan Pemilihan legislatif pertama di Kabupaten Siak tahun 2004 dan tahun 2006 juga dilangsungkan Pilkada Siak pertama, Arwin – Syamsuar.

“Setelah lulus kuliah, selain berdakwah, saya ingin mengembangkan pelabuhan tanjung buton. Tapi justru awal pertama bekerja itu dipercaya menjadi ketua KPU Siak. Dan selama kuliah hingga saat ini, saya juga cukup aktif di organisasi. Alhamdulillah, diusia 47 tahun saya sudah memiliki 4 anak dan dipilih masyarakat Siak untuk membantu pak Alfedri melanjutkan pembangunan di Kabupaten Siak. Ga pernah menyangka kalau saya bakal pakai Pakaian Dinas Upacara (PDU),” kata suami dari Ananda Laila Putri ini.

Husni menyampaikan ungkapan terimakasih kepada H Arwin, Bupati Siak pertama yang sangat mensupportnya untuk menjadi wakilnya Alfedri pada Pilkada Siak 2020 kemarin. “Dan Alhamdulillah, masyarakat juga mengamanahkan kepada pak Alfedri dan saya untuk membangun kabupaten Siak menjadi lebih baik lagi,” sebut Husni. ***


Sumber : https://www.goriau.com/berita/baca/bercitacita-jadi-pendakwah-dan-pengusaha-husni-merza-justru-mendapat-amanah-sebagai-wakil-bupati-siak.html
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...