займ на карту онлайн

Belum Banyak Yang Tahu, Ini Fakta Menarik Tentang Gerhana Matahari


Suara.com – Seluruh masyarakat didunia pada hari ini Kamis (10/6/2021) bakal menyaksikan sebuah fenomena astronomi yang jarang sekali terjadi. Salah satunya adalah fenomena Gerhana Mataari Cincin. Gerhana matahari cincin “cincin api” 10 Juni 2021 akan terlihat sebagian dari Amerika Serikat, Kanada utara, Eropa, Asia utara, Rusia, dan Greenland.

Bagi mereka yang berada di India, peta interaktif NASA menunjukkan bahwa gerhana matahari akan terlihat di India hanya dari Ladakh dan Arunachal Pradesh saja.

Namun masih banyak yang belum tahu, fakta-fakta menarik apa dari fenomena ini. Dilansir melalui unfoldanswers berikut fakta-fakta menari dari gerhana matahari cincin :

1. Bayangan

Baca Juga: Hits: Dampak Buruk Gerhana Matahari, Diet Nabati Turunkan Risiko Terinfeksi Corona?

Selama gerhana matahari, bayangan yang terbentuk oleh bulan di Bumi dipecah menjadi tiga bagian. Yaitu antumbra, penumbra, dan umbra. Umbra adalah aspek paling gelap dari malam, di mana bulan menutupi matahari secara penuh.

Antumbra adalah bidang di atasnya, di mana bulan menghadap Matahari tetapi tidak menyalipnya secara keseluruhan, karena bayangannya tidak terlalu gelap. Penumbra adalah daerah bayangan luar di mana bulan hanya menutupi sebagian kecil dari Langit.

2. Cuaca

Fenomena alam gerhana matahari sebagian yang diabadikan di Banda Aceh, Aceh, Minggu (21/6/2020). [ANTARA FOTO]

Sensor cuaca WS700 Lufft melaporkan bahwa cuaca semakin mendung dan berangin sesaat sebelum gerhana dimulai. Karena kehilangan cahaya, suhu turun 4 ° C (39 ° F). Dengan dimulainya gerhana, radiasi global berubah secara dramatis seperti yang ditunjukkan oleh pengukuran WS700. Sesaat sebelum matahari terbenam, kegelapan sebanding dengan waktu.

Semuanya seperti transisi dari fajar ke senja. Ketika bulan bergeser ke arah matahari, bayangan matahari mengambil bentuk yang sama dengan gerhana matahari sekarang. Ini menjadi terlihat jelas ketika memegang pelat berlubang, antara matahari dan tanah. Bayangan unik di tanah tampak lebih jelas sehingga bentuk yang sangat halus dapat terlihat.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Fakta Gerhana Matahari

3. Kejadian


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/10/161000/belum-banyak-yang-tahu-ini-fakta-menarik-tentang-gerhana-matahari
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...