Begini Cara Membuang Masker Wajah Yang Benar Agar Tidak Terkena Virus Covid-19


RIAU24.COM –  MEMAKAI masker sudah menjadi kebiasaan sejak dunia dilanda wabah Covid-19. Namun, ada beberapa yang seenaknya melepas masker di mana-mana terlepas dari bahayanya tindakan tersebut.

Konsultan di National Centre for Infectious Diseases of Singapore, Dr. Wong Chen Seong menuturkan, masker wajah yang tidak dilepas dengan benar dapat membahayakan kesehatan orang lain jika disentuh, terutama untuk masker wajah yang kotor dan terdapat tetesan pernapasan di permukaannya.

“Semua orang tahu, Covid-19 bisa menular ke orang lain melalui kontak, yakni jika tanpa sengaja seseorang menyentuh masker wajah yang kotor yang mungkin terkena virus, bisa jadi mereka tertular,” ujarnya seperti dilansir MediaCorp.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Jika Anda Sebenarnya Sedang Kesepian

Ia menambahkan, masker wajah bekas bisa berisiko menyebarkan virus ke udara. “Jika terpapar, dengan angin kencang, ada sedikit risiko penyebaran melalui tetesan di udara. Membuang masker wajah sesuka hati itu menjijikkan dan bisa berbahaya bagi orang lain,” katanya.

Studi yang dilakukan para ahli juga menemukan bahwa virus dapat bertahan selama beberapa jam hingga beberapa hari. Sementara itu, Dr. Wong mengatakan, iklim yang panas dan lembab juga bisa membuat virus bertahan selama dua hingga tiga hari.

Ia menuturkan, tidak hanya virus Covid-19 saja, tetapi berbagai kuman berbeda yang dapat bertahan hidup pada masker wajah bekas pakai untuk jangka waktu yang berbeda. Misalnya, kata dia, bakteri bisa hidup berbulan-bulan hingga bertahun-tahun jika disimpan di tempat yang sejuk.

Baca Juga: Cukup Sulit Untuk Minum Air Putih? Coba 5 Cara Sederhana Ini…

Sementara itu, Spesialis Penyakit Menular Mount Elizabeth Novena Specialist Center, Dr. Leong Hoe Nam, sebaliknya, mengatakan bahwa beberapa langkah harus diambil jika Anda ingin melepaskan masker wajah sekali pakai dan ini termasuk;

1. Cuci tangan sebelum melepas masker karena menyentuh wajah dengan tangan yang tidak dicuci akan membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit.

2. Lepaskan masker wajah dan lipat menjadi dua agar tetesan dari mulut dan hidung tidak terlihat.

3. Lipat kembali penutupnya hingga tampak seperti gulungan. Bisa juga dibungkus dengan ear loop agar lipatannya tidak terbuka.

4. Masker wajah harus dibungkus dengan kertas tisu sebelum dibuang ke tempat sampah.



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1603782176-begini-cara-membuang-masker-wajah-yang-benar-agar-tidak-terkena-virus-covid-19
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...