Ayu Pandi Berharap Bisa Tampil di PON


SIAK, datariau.com –  Tampil sebagai pemenang dan berdiri di hadapan ratusan penonton saat menerima medali, tentunya menjadi impian setiap atlet. Begitu juga dengan Ayu Pandi, salah satu atlet anggar kebanggaan Kabupaten Siak Sri Indrapura.

Meski telah meraih segudang prestasi, belum membuat dara manis kelahiran Pekanbaru 14 Juni 1999 tersebut puas begitu saja. Ada target besar yang sedang ia kejar dan impikan. Untuk mengetahui sepak terjang Ayu Pandi di cabang olahraga anggar, datariau.com mencoba melakukan wawancara eksklusif.  

Ayu Pandi (20), mulai menggeluti olahraga anggar sejak tahun 2013. Dia dikenalkan oleh abangnya Zulkifli yang lebih dahulu menjadi atlet anggar. 

“Awalnya saya tak paham juga tentang olahraga ini. Karena sering diajak abang ikut latihan, saya pun tertarik untuk ikut,” kata mahasiswi semester 4 di STIE Prakarti Mulya, Selasa (11/2/2020).

Ayu menceritakan, ada 3 jenis senjata yang digunakan dalam olahraga ini. Seperti foil, epee, dan sabre. Ia sendiri menggunakan jenis senjata foil, karena lebih ringan dengan ukuran 89 cm. 

Begitu juga ketika bertanding, ada kelas-kelasnya, seperti kelas prakadet berusia 14 tahun ke bawah, kadet berusia 15-17 tahun, untuk junior berusia 18-20 tahun, dan senior berusia 20-35 tahun.

Menurut Ayu, olahraga ini bisa menciptakan kebugaran dan ketangkasan yang bisa mengasah kemampuan fisik. Selain itu, dengan melibatkan strategi, taktik, dan kontrol psikologis pada olahraga ini, bisa mengasah kemampuan mental. 

“Saya suka bermain anggar karena berbeda dari semua olahraga lain. Olahraga ini tidak begitu banyak yang mengenalnya. Kami dilatih dari fisik dan teknik. Apabila fisik mendukung insya Allah teknik pun akan ikut,” jelas Ayu. 

Ayu mengaku, butuh kesabaran dan proses untuk menjadi atlit anggar yang tangguh. Seorang atlit anggar harus siap mental dan pencaya diri. Kesiapan menjadi hal utama dalam pertandingan, karena pemain yang siap dialah pemenangnya. 

Berkat kesabaran dan latihannya tersebut Ayu mampu menuai beberapa prestasi. Tahun 2019 pada kejuaraan provinsi di Bengkalis memperoleh mendali perak Junior (single) dan mendali perunggu senior (single). Dikejuaraan open se-Sumatera di Aceh memperoleh mendali emas (single). 

Kemudian pada pra-PON di Semarang, memperoleh mendali emas (beregu), dan pada  kejuaraan nasional meraih  mendali perak Junior (single), mendali perunggu senior (single) dan mendali emas (beregu).

Selain giat berlatih, kata Ayu keberhasilan itu juga tidak terlepas dari dukungan dan doa dari orang tua, keluarga dan kerabat, dosen maupun sahabat. 

“Harapan Ayu bisa membanggakan kedua orang tua dan Kabupaten Siak, Riau dan negara. Target saya bisa bermain di PON perorangan dan beregu kemudian bisa memperoleh hasil yang memuaskan,” harapnya.(her)

Editor: Syamsidir

Sumber: datariau.com

Ingin kirim berita? Silahkan hubungi redaksi melalui WhatsApp 081339661966 atau email [email protected]

Sumber: https://datariau.com/berita/Ayu-Pandi-Berharap-Bisa-Tampil-di-PON قالب وردپرس

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...