AS Bantah Tuduhan Iran Soal Pembuat Virus Corona


(CAKAPLAH) – Pemerintah Amerika Serikat membalas tuduhan Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, yang mengatakan AS sebagai pembuat wabah virus corona.

“Maskapai teror Iran, Mahan Air, yang membawa apa yang dinamakan “Virus Wuhan” melalui penerbangan yang terus berlangsung ke China,” kata Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, seperti dilansir AFP, Kamis (26/3/2020).

“Rezim tersebut terus berdusta kepada penduduk Iran dan dunia tentang jumlah kasus dan korban meninggal, yang sangat disayangkan lebih tinggi dari yang diakui rezim tersebut,” lanjut Pompeo.

Pada 22 Maret lalu, Khamenei menolak bantuan yang ditawarkan Amerika Serikat untuk melawan pandemi virus corona di negaranya.

Dia menuduh virus itu justru sengaja dibuat oleh Amerika Serikat. Dia bahkan mengatakan virus tersebut diduga adalah senjata biologis yang dibuat untuk menyerang Iran.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah bahwa virus tersebut adalah senjata biologis.

Dikhawatirkan Iran akan kesulitan melawan penyebaran virus tersebut akibat sejumlah sanksi yang dijatuhkan AS.

Presiden AS, Donald Trump, juga menyatakan tetap memberlakukan kebijakan untuk terus menekan Iran, meski saat ini mereka juga sama-sama sedang menghadapi pandemi corona.

AS menjatuhkan sanksi terhadap Iran dengan alasan negara tersebut tetap melanjutkan program peluru kendali dan terlibat dalam konflik di Irak dan Suriah.

Meski begitu, Pompeo mengklaim AS terus menawarkan bantuan kepada Iran untuk memerangi virus corona.

“Khamenei menolak tawaran tersebut karena dia bekerja tanpa lelah untuk menyusun teori konspirasi dan mendahulukan ideologi ketimbang mengurus rakyat Iran,” kata Pompeo.

Menurut data Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus virus corona di Iran sampai hari ini berjumlah 27.017 orang. Sebanyak 2.077 orang di antaranya meninggal, dan 9.625 orang dilaporkan sembuh.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/51593/2020/03/27/as-bantah-tuduhan-iran-soal-pembuat-virus-corona/

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...