займ на карту онлайн

Apresiasi Kebijakan di Masa Pandemi PGRI Riau Berharap Syamsuar-Edy Tingkatkan Kesejahteraan Guru Daerah Pesisir dan Terpencil


PGRI Riau Berharap Syamsuar-Edy Tingkatkan Kesejahteraan Guru Daerah Pesisir dan Terpencil

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Meski di tengah pandemi Covid-19, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Riau apresiasi 2 tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar dan Edy Natar Nasution di sektor pendidikan. 

Demikian disampaikan Ketua PGRI Riau, Dr M Syafii kepada CAKAPLAH.com, Minggu (21/2/2021). Di samping apresiasi atas kebijakan-kebijakan Syamsuar-Edy, dia juga berharap perhatian untuk guru-guru daerah terpencil.

Dia mengatakan, pada sektor perlindungan pendidikan Pemprov Riau di masa pandemi Covid-19 memberikan advokasi perlindungan, agar guru dan siswa di dalam kewenangan menjaga dan mengingatkan agar selalu patuh pada protokol kesehatan. 

“Alhamdulillah sampai saat ini masalah Covid-19 di sektor pendidikan minim. Kemudian Pemprov Riau juga membentuk Satgas Covid-19 di setiap satuan pendidikan SMA/SMK dan SLB, karena di masa pandemi sekarang kesehatan dan pendidikan sama sama sangat penting,” katanya.

Sedangkan di sektor kesejahteraan dan kebutuhan guru, Syafii menilai kepedulian Pemprov Riau untuk itu perlu diapresiasi.

“Kita bersyukur Pemprov Riau menaikkan gaji guru bantu dan honor daerah SMA/SMK se-Riau tahun 2021. Awalnya gaji guru Rp300 ribu, naik menjadi Rp2,2 juta, dan tahun ini naik menjadi Rp2,5 juta,” terangnya. 

Dengan begitu, berdasarkan pengamatan pihaknya saat ini tidak ada lagi pungutan uang komite untuk gaji guru honorer. Karena gaji guru dinilai sudah layak. 

“Kemudian dana Bos Daerah untuk sekolah SMA/ SMK swasta. Ini juga sangat membantu sekali bagi sekolah swasta,” ungkapnya. 

Sedangkan pada sektor peningkatan kompetensi guru, sebut Syafii, Pemprov Riau memberikan bantuan beasiswa S2 dan S3 bagi guru di Riau. 

“Pemprov Riau juga memberikan suport pada inovasi-inovasi? guru. Dan terbukti guru-guru di Riau berhasil menciptakan produk produk pembelajaran berbasis teknologi digital, seperti Aplikasi Bantu Guru yang dibuat guru-guru di Riau yang mampu menjadi start up guru nasional yang diluncurkan oleh PB PGRI dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo,” terangnya. 

Karenanya, Syafii berharap ke depan agar penguatan pendidikan di Riau harus lebih ditingkatkan terutama inovasi guru di masa pandemi, dan kesejahteraan guru masih menjadi perhatian terutama di daerah pesisir dan terpencil. 

“Pemerintah juga perlu memperkuat peningkatan guru-guru pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang menjadi garda terdepan saat sekolah tatap muka menjadi perhatian penting di masa masa pandemi,” harapnya. 

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/65574/2021/02/21/pgri-riau-berharap-syamsuaredy-tingkatkan-kesejahteraan-guru-daerah-pesisir-dan-terpencil/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...