Antisipasi Ledakan Kasus Covid-19 Pasca Pilkada, Gubri Minta Daerah Siapkan Ruang ICU


Antisipasi Ledakan Kasus Covid-19 Pasca Pilkada, Gubri Minta Daerah Siapkan Ruang ICU

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Riau, Syamsuar minta kabupaten/kota se-Riau menyiapkan dan menambah ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk pasien Covid-19.

Pasalnya masih ada daerah yang belum memiliki ruang ICU untuk merawat pasien Covid-19 bergejala berat dan sedang.

“Ruang ICU di rumah sakit ini harus kita siap kabupaten/kota. Artinya sebelum hujan sedia payung. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi pasca Pilkada serentak,” kata Syamsuar yang juga Gubernur Riau ini, Selasa (27/10/2020).

Karena itu, lanjut Syamsuar, selaku pemerintah yang bertugas menyelematkan rakyat, maka tampat ICU disiapkan dulu.

“Ini adalah langkah antisipasi kami dalam rangka menghadapi Pilkada pada Desember nanti, sehingga kita siap jika nanti terjadi sesuatu diluar dugaan, kita sudah siap. Namun kita tak berharap terjadi hal-hal yang tak diinginkan pasca Pilkada,”

Hal itu disampaikan karena Gubri melihat masih banyak kabupaten/kota, sehingga ketika ada pasien Covid-19 bergejala sedang dan berat harus dirujuk ke Pekanbaru atau daerah yang rumah sakitnya memiliki ruang ICU.

“Seperti di Rohul itu tak ada ruang ICU. Sementara Rohul dengan Pekanbaru ini jauh, harusnya ada ruang ICU di sana daripada mengharapkan di Pekanbaru. Nanti menjelang dibawa ke Pekanbaru orang sudah meninggal di jalan,” tegasnya.

“Jadi menurut saya ada baiknya kabupaten yang belum memiliki ruang ICU disiapkan, begitu juga yang sudah ditambah. Sehingga nanti semua daerah bisa menangani pasien Covid-19 yang berat,” tukasnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/60587/2020/10/27/antisipasi-ledakan-kasus-covid19-pasca-pilkada-gubri-minta-daerah-siapkan-ruang-icu/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...