займ на карту онлайн

Antisipasi Karhutla, Pemprov Riau akan Berdayakan Petani Peduli Api


PEKANBARU (CAKAPLAH) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberdayakan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di kabupaten/kota dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau tahun 2021.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Zulfadli kepada CAKAPLAH.com, Sabtu (6/3/2021) di Pekanbaru.

“Untuk pencegahan Karhutla kita akan berdayakan KTPA di sekitar lahan perusahaan perkebunan di kabupaten/kota,” kata Zulfadli.

Lebih lanjut Zulfadli menjelaskan, pembentukan KTPA merupakan bentuk kerjasama dan partisipasi aktif antara masyarakat kampung sekitar lahan perkebunan perusahaan dan aparat pemerintah desa.

“Ada sekitar seratus orang lebih KTPA yang ikut melakukan antisipasi dan pencegahan kebakaran di wilayah tempat tinggal mereka,” terangnya.

Zulfadli menyatakan, bahwa KTPA tidak bisa bekerja sendiri karena masih mengalami keterbatasan prasarana. Karena itu, pihaknya berharap perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat dapat membantu sarana dan prasarana untuk KTPA di desa mitra kerjanya.

“Bantuan dari perusahaan itu bisa melalui kegiatan CSR maupun kegiatan sosial lainnya. Itu bisa digunakan untuk kegiatan pencegahan Karhutla,” tukasnya.***

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/66280/2021/03/06/antisipasi-karhutla-pemprov-riau-akan-berdayakan-petani-peduli-api/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...