Andi Rahman Mendesak Ke Atas, Achmad Masih Bertahan

Share
  • 808
    Shares

Pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tinggal dua bulan lagi, pasangan calon masih belum pasti dan partai politik masih gamang dalam menentukan koalisi. Pekan ini, nyaris minim pemberitaan tentang perkembangan proses pilkada, terutama perkembangan tentang dukungan partai politik. Sebelumnya sempat menghangat saat kehadiran AHY, putra sulung SBY. Para kandidat berebut merapat, menjamu dan membangun kedekatan dengan orang yang mampu mempengaruhi keputusan Partai Demokrat. Setelah itu sunyi.

Mungkin pergerakan tingkat elit partai semakin ramai di pusat, dan terasa sunyi di daerah. Tapi pergerakan pendukung masing-masing pendukung masih nampak. Kita bisa lihat dari pergerakan dukungan pada polling bakal calon Gubernur Riau di Riau Barometer. Dalam pekan ini, jelas nampak penambahan signifikan dukungan pada Gubernur petahana Andi Rahman. Lebih dari 150 suara merangsek ke atas.

Sebagai satu-satunya kandidat yang telah mengantongi dukungan partai politik dan telah cukup untuk mendaftar diri, membuat Andi menjadi lebih leluasa melakukan sosialisasi. Ia juga diuntungkan dengan posisinya sebagai petahana, yang aktifitasnya bisa ‘menumpang’ agenda pemerintah. Inilah kiranya yang membuat pendukungnya semakin optimis, yang kemudian bergerak dan memberikan dukungan, termasuk dalam polling online ini.

Walaupun belum pasti pasangannya dan kelengkapan perahunya, Lukman Edi, bakal calon dari PKB ini juga mengalami penambahan. Walau tak sebanyak Andi, tapi cukup membuktikan bahwa pendukungnya berani menyatakan dukungannya. Di fanspage facebooknya, LE lumayan aktif walaupun sedikit berkurang dari waktu-waktu sebelumnya. Kedatangan ketua DPP PKB, Muhaimin Iskandar ke kota Pekanbaru diharapkan mampu menaikkan nilai LE di Riau.

Sebagai kepala daerah aktif, Syamsuar cenderung stagnan. Ada peningkatan tapi tak siginifikan. Mungkin ini terkait dengan ketidakjelasan perahu. Walaupun sudah memegang PAN, tapi sepertinya tak sanggup membangun kepercayaan publik bahwa Bupati Siak ini akan naik menjadi Gubernur Riau. Aktifitas di sosial media pun sepertinya dikurangi. Namun, jika dibandingkan dengan HM. Harris, dukungan Syamsuar masih lumayan.

Bupati Pelalawan, HM Harris yang dikabarkan sudah mengantongi surat dukungan dari PDIP untuk berpasangan dengan Bupati Inhu, Yoppi Arianto, rupanya tak cukup untuk meyakinkan publik. Selain masih harus merangkul partai lain, kondisi psikologis masyarakat Riau yang mayoritas muslim dengan budaya melayu sepertinya masih menjadi blocking bagi pasangan ini.

Hari-hari ke depan mungkin akan semakin sengit. Pergerakan pendukung Andi Rahman akankah mampu menggeser posisi ketua PKS, Hendry Munief. Atau bahkan mendesak ke atas, yang saat ini masih bertahan Achmad di puncak. Mantan Bupati Rokan Hulu ini, memang memiliki pendukung yang solid dan bisa dimobilisasi. Bukan hanya di dunia maya, saat kedatangan AHY pekan lalu, Relawan pendukung Achmad juga mewarnai lapangan Car Free Day untuk membersihkan sampah dari puluhan ribu peserta jalan santai.

Arah keinginan publik apakah menghendaki status quo atau perubahan akan semakin nampak pada hasil polling ke depan.

#TajukBarometer


Share
  • 808
    Shares

Baca Juga