займ на карту онлайн

Ada e-Office, Pemkab Kuansing akan Kurangi Penggunaan Kertas


TELUKKUANTAN – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau akan mengurangi penggunaan kertas, seiring telah tersedianya aplikasi e-Office. Nantinya, segala administrasi surat-menyurat akan dilakukan secara elektronik.

“Saat ini, aplikasi e-Office sudah bisa digunakan bagi OPD yang pejabatnya sudah didaftarkan ke BSSN,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfoss) Kuansing, Samsir Alam melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Informatika, Antoni Suryadinata, Rabu (21/4/2021) di Telukkuantan.

Dijelaskan Antoni, setiap surat di e-Office menggunakan tanda tangan elektronik. Karena itu, semua pejabat harus mendapatkan kode unik atau QR Code sebagai tanda tangan elektronik dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). “Kita akan bantu para pejabat untuk mendapatkan tanda tangan elektronik dari BSSN.”

“Kemaren kita sudah lakukkan di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), karena kita melihat di sana administrasi paling banyak saat ini. Kami sudah minta data dan dikirim ke BSSN,” ujar Antoni. Utnuk proses ini tidaklah sulit, sebab aplikasi e-Office terintegrasi dengan aplikasi e-Kinerja.

Jika e-Office ini sudah dijalankan oleh seluruh OPD, tentu akan terjadi efisiensi anggaran. Menurut Antoni, secara prinsip penggunaan kertas akan semakin minim. Tentunya, dari segi anggaran untuk ATK juga akan berkurang.

“Salah satu indikator keberhasilan aplikasi ini, adanya efisiensi dalam penggunaan anggaran. Biasanya anggaran untuk ATK setiap tahun sekian miliar, nah dengan e-Office ini tentu harus ada efisiensi yang signifikan,” terang Antoni.

Dari sisi efektivitas, lanjut Antony, e-Office dapat meminimalisir surat hilang, karena tersimpan di sistem. Di sisi lain, tentu akan mempercepat layanan kepada masyarakat.

“Biasanya surat itu bertumpuk-tumpuk masuknya. Kalau dengan e-Office tidak, sebab ada notifikasi ke pejabat tersebut dan itu harus mereka baca dan tandatangan atau disposisi. Tentunya, pekerjaan akan lebih mudah,” ujar Antoni.

Aplikasi layanan e-Office saat ini masih tersedia dalam bentuk web. ke depan Diskominfoss akan mengembangkan versi mobile, sehingga pejabat bisa bekerja dimana saja dan kapan pun itu.

“Ini kita kembangkan sesuai kebutuhan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE),” tutup Antoni.***


Sumber : https://www.goriau.com/berita/baca/ada-eoffice-pemkab-kuansing-akan-kurangi-penggunaan-kertas.html
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...