74 Orang di Riau Meninggal Dunia Akibat Covid-19



RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Pasien Covid-19 yang meninggal dunia per Senin (14/9/2020) bertambah 4 orang. Sehingga, total keseluruhan sudah mencapai 74 orang meninggal dunia akibat Covid-19.

Sementara kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau mulai menurun, setelah dalam beberapa hari ini di atas 200 orang. Hari ini kasus positif sebanyak 128 orang. Sehingga total keseluruhan 3.909 kasus. 

Sedangkan untuk pasien yang sembuh sebanyak 87 orang, sehingga secara akumulatif sudah 1.692 orang pasien sembuh dan pulang.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, dengan semakin signifikannya kasus pasien positif di Riau ini, Pemprov Riau telah melakukan evaluasi terhadap kondisi yang terjadi dalam beberapa pekan ini. Dia menyebut pihaknya telah menyiapkan solusi dalam menangani peningkatan kasus positif.

“Kita sudah evaluasi kondisi yang sekarang terutama berhadapan dengan peningkatan jumlah pasien yang isolasi mandiri yang tinggi ini. Terutama berkaitan dengan penempatan dengan pasien isolasi mandiri yang ada di Kota Pekanbaru, karena sudah 600 lebih pasiennya,” jelas Gubri.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan kan mereka ini sudah dikategorikan sehat. Namun demikian karena mereka ini banyak di masing-masing tempat isolasi mandirinya yang sulit dimonitor, karena itu kami mengarahkan agar mereka ini ditempatkan di satu tempat, sehingga nanti kami mudah melakukan pengawasan dan sekaligus melakukan perawatan,” imbuh Syamsuar.

Lebih lanjut, Syamsuar mengatakan agar tidak terjadi penumpukan dan kekurangan penanganan pasien yang terus meningkat ini, ditempatkan di tempat-tempat isolasi mandiri yang layak. Alternatifnya dicarikan hotel yang siap digunakan untuk isolasi mandiri pasien gejala ringan. Dan di lokasi tersebut juga ada penyiapan tenaga medis.

“Harapan kita tenga medis yang siap pakai. Tentu ini semua akan ada pembicaraan lanjutan kami penambahan tenaga medis. Meski saat ini kapasitas di rumah sakit masih mencukupi namun kita perlu melakukan langkah-langkah apabila nanti terjadi lonjakan pansien Covid-19. Dengan begitu nanti kita mampu melayani pasien yang terkonfirmasi Covid-19,” kata Gubri.

“Untuk tenaga medis dan ruang isolasi, tadi Pemko sendiri membutuhkan ruang isolasi lebih kurang 200 ruangan. Untuk kita sendiri saya sudah minta pihak-pihak terkait untuk mempersiakan dalam kebutuhan ruang isolasi maupun tenaga medis dalam minggu ini sesuai kapasitas yang dibutuhkan,” jelas Gubri. 

Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]


Sumber : https://riaumandiri.haluan.co/read/detail/89746/74-orang-di-riau-meninggal-dunia-akibat-covid19
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...