5 Tips Bersihkan dan Rapikan Rumah Jelang Idulfitri



Suara.com – Membersihkan dan merapikan rumah jelang Lebaran adalah rutinitas yang tak boleh terlupakan. Tapi terkadang, saat melakukannya, kita merasa bingung, dimulai dari bagian mana dulu ya?

Rosie Clarke, manajer pelatihan di Miele, membagikan tips terbaiknya untuk membantu Anda membersihkan dan merapikan rumah.

Simak tips berikut ini agar membersihkan dan merapikan rumah terasa lebih mudah, seperti yang dilansir dari Prima.

1. Rapikan dulu , letakkan semuanya di tempatnya

Sebelum mulai membersihkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah merapikan barang-barang. Apalagi, terkait dengan pandemi, berbulan-bulan Anda menghabiskan begitu banyak waktu ekstra di rumah.

Ini benar-benar bisa membuat Anda menyadari betapa banyak barang dan kekacauan yang ada di rumah, sehingga mengundang banyak debu di rumah.

2. Setelah merapikan, baru lakukan pembersihan

Fokuslah pada satu ruangan pada satu waktu, dan bekerjalah secara sistematis, saran Marie Kondo. Setelah mengorganisir semua barang, bersihkan permukaan, rak, dan area lantai. Serta lanjutkan dengan benar-benar membersihkan rumah secara keseluruhan.

Cara terbaik untuk menghilangkan debu adalah menyedotnya dengan vacum, ini akan membantu mencegah resirkulasi dan kemudian menetap di sekitar ruangan.

3. Gunakan alat yang tepat

Untuk pembersihan yang benar-benar menyeluruh, penting untuk tidak melupakan celah yang biasanya memiliki lebih banyak debu. Di sinilah semua alat penyedot debu bisa berguna.

Satu sikat tidak cocok untuk setiap situasi pembersihan, jadi luangkan waktu untuk menggunakan nozzle yang benar untuk menjangkau celah, bersihkan debu dengan lembut, dan jangan lupa kursi.

4. Kosongkan lemari dapur Anda

Dapur selalu menjadi ruang tersibuk dan paling sulit di rumah, khususnya jelang Idulfitri. Jadi sediakan waktu yang cukup untuk membuat area ini lebih baik.
Kosongkan semua lemari dan buang apa pun yang melewati tanggal kedaluwarsa, terutama kaleng, bumbu kering, dan rempah-rempah yang sudah lama terlupakan.

Singkirkan remah-remah dan debu sebelum menyemprot bagian dalam lemari dengan pembersih anti-bakteri. Kemudian, simpan kembali barang-barang di lemari yang bisa dimakan atau masih berguna!

5. Perabotan, gorden, sarung bantal, selimut, dan bantal

Sekarang adalah kesempatan untuk membersihkan barang-barang yang lebih besar seperti sarung bantal, gorden dan bantal. Periksa berat maksimum yang dapat ditampung mesin cuci Anda sebelum memasukkan sesuatu yang terlalu berat.

Jika mesin cuci Anda tidak memiliki program khusus untuk gorden, bantal, dan selimut, jangan memaksakan. Selalu periksa label pembersih untuk memastikan barangmu cocok untuk mesin cuci.

Untuk benda besar dan berat, cobalah menyeimbangkan beban dengan pakaian yang lebih kecil, agar mesin berputar secara efektif dan seimbang.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/05/23/125727/5-tips-bersihkan-dan-rapikan-rumah-jelang-idulfitri
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...