5 Cara Menyimpan Daging Sapi Tanpa Kulkas agar Tahan Lama


Suara.com – Banyak orang mengira bahwa menyimpan daging sapi di kulkas adalah satu-satunya cara agar daging sapi tidak cepat busuk. Padahal, sejak zaman dahulu, sebelum adanya kulkas, nenek moyang kita menggunakan cara-cara tradisional untuk mengawetkan daging. Ada tips dan cara menyimpan daging sapi tanpa kulkas yang baik dan benar.

Terlebih jika Anda sedang bepergian untuk camping ke suatu tempat tentulah tak mungkin membawa kulkas untuk mengawetkan daging. Itulah sebabnya, mengetahui cara mengawetkan daging tanpa kulkas juga penting untuk dimengerti.

Berikut lima tipsnya.

1. Jangan Cuci Daging

Saat membeli atau menerima daging, sebaiknya jangan dicuci. Sebab, daging sapi yang dicuci membuat kandungan air pada daging bertambah sehingga membuat daging lembab dan mudah terkontaminasi dengan bakteri lainnya.

2. Pengeringan

Pedagang daging sapi di lapak Pasar Rumput, Jakarta, Senin (25/1). [suara.com/Oke Atmaja]

Setelah daging tidak dicuci, Anda bisa melakukan proses pengeringan dengan cara menjemur daging. Pertama, iris daging tipis-tipis, kemudian luuri daging dengan larutan air garam. Lalu, letakkan daging di bawah sinar matahari dan jemur hingga kering. Cara ini bisa membuat daging awet hingga 1 bulan.

3. Penggaraman

Selain pengeringan, ada juga teknik penggaraman agar daging awet meski tak dimasukkan ke kulkas. Pertama, potong daging menjadi beberapa bagian. Lalu, taburi garam pada setiap sisinya. Selanjutnya, siapkan wadah bersih dan masukkan daging ke dalam wadah lalu tutup rapat-rapat. Mineral yang terkandung dalam garam bisa membuat daging lebih awet hingga berminggu-minggu lamanya.

4. Pengalengan


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/08/02/192224/5-cara-menyimpan-daging-sapi-tanpa-kulkas-agar-tahan-lama
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...