UIN Suska Riau Semakin Giat Lakukan Penelitian Kolaborasi Internasional


  • Home
  • Ruang Opini
  • UIN Suska Riau Semakin Giat Lakukan Penelitian Kolaborasi Internasional

UIN Suska Riau Semakin Giat Lakukan Penelitian Kolaborasi Internasional

Ditulis Oleh: Dr. Rahmad Kurniawan, ST., MIT.

Senin, 15 April 2019 | 18:09

Untuk mewujudkan World-ClassUniversity, UIN Suska harus semakin gencar melakukan kolaborasi riset dengan peneliti dari kampus ternama luar negeri. RahmadKurniawan, dosen di Jurusan Teknik Informatika UIN Suska Riau mengintegrasikan Ilmu Kecerdasan Buatan Komputer pada domain Agama Islam. “Kampus IPB dikenal dengan pemanfaatan ilmu komputer di bidang Pertanian, maka sesuai dengan visi dan misi UIN Suska Riau, saya berusaha memanfaatkan ilmu komputer di bidang Agama Islam. Akhir tahun 2018 kemarin bersama BAZNAS Pekanbaru dan Fakultas Syariah, kami telah membuat metode otomatisasi dalam penerimaan dan pendistribusian zakat. Komputer menjadikan penerimaan dan pendistribusian zakat lebih transparan dan fleksibel. Tahun 2015 kami juga memanfaatkan ilmu kecerdasan buatan untuk masalah penyakit masyarakat.” ujar Rahmad.

Dr. Rahmad Kurniawan, ST., MIT. Telah menyelesaikan S3 Doktor di Universiti Kebangsaan Malaysia hanya dalam waktu 2,2 Tahun. Walaupun singkat, Dr. Rahmad tetap menunjukkan keahliannya di bidang Komputer sebagai lulusan tercepat dan Cumlaudeketika usianya masih 28 Tahun.  Bidang riset yang digeluti Dr. Rahmad adalah teknologi kecerdasan. Hasil penelitian tersebut telah menghasilkan 10 karya ilmiah yang diindeks oleh SCOPUS/ISI dan dipresentasikan di empat seminar Internasional bidang Komputer. Februari 2019 yang lalu, Rahmad meraih Medali Perak bersama timnya dalam pertandingan Inovasi ilmu Komputer tingkat Internasional di Kuala Lumpur.

Penelitian dengan BAZNAS Pekanbaru juga telah diperkenalkan di konferensi internasional di Batam dan hasil penelitian tersebut telah diterbitkan oleh lembaga IEEE dan diindeks SCOPUS. Saat ini Rahmad masih terlibat dalam beberapa riset kolaborasi dengan Profesor di Malayasia. Beliau juga siap untuk berkontribusi dan mengabdi untuk UIN Suska Riau. “Saat ini saya masih ada beberapa riset dengan beberapa Profesor di Malaysia, termasuk juga tawaran untuk Postdoctoral. Saya siap memberikan yang terbaik untuk UIN Suska Riau,” ujarnya.

Sejauh ini sudah ada 3 penelitian Teknologi berbasis Islam yang sudah di indeks oleh SCOPUS sebagai hasil kerja sama UIN Suska Riau dengan para Profesor di Malaysia, seperti:

  1. PrototypeExpert System UsingBayesianNetwork for Diagnose Social Illness. Journal of TheoreticalandAppliedInformation Technology, 93 (2), pp. 338-344. 2016  (Indexedin SCOPUS)
  2. Advise-GivingExpert Systems Based on Islamic Jurisprudence for TreatingDrugsandSubstanceAbuse. Journal of TheoreticalandAppliedInformation Technology 96 (15), 4941-4952. 2018 (Indexedin SCOPUS)
  3. UsingBayesianNetwork for Determining The Recipient of Zakat (Case Study: BAZNAS Pekanbaru). The 2nd International Conference on ElectricalEngineeringandInformatics (ICon EEI). Batam, Indonesia; 16/10/2018 (Indexedin IEEE and SCOPUS).

Dr. Rahmad Kurniawan, ST., MIT.


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR

Sumber : http://riaugreen.com/view/Ruang-Opini/40593/UIN-Suska-Riau-Semakin-Giat-Lakukan-Penelitian-Kolaborasi-Internasional.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...