Tak Usah Terlalu Banyak, Pakar Ungkap Kita Hanya Butuh 3 Sahabat


Suara.com – Mempunyai banyak sahabat memang menyenangkan. Semuanya menjadi begitu lengkap, terlebih saat sedang bersenang-senang, seperti liburan atau mengadakan pesta.

Namun, para ilmuwan ternyata menyarankan hal sebaliknya. Mempunyai sahabat kurang dari lima justru lebih baik.

Antropolog dari Universitas Oxford, Robin Dunbar, yang sudah mempelajari hubungan manusia dari zaman dahulu hingga sekarang mengungkapkan, kebanyakan orang hanya mampu mempertahankan hubungan yang stabil dengan sekitar 150 orang lainnya.

Jumlah 150 orang ini, yang kemudian disebut sebagai ‘Angka Dunbar’, mengidentifikasi ‘lingkaran keintiman’ yang lebih kecil, seperti yang dilansir dari Men’s Journal.

Menurutnya, orang sehat hanya menjaga 10 hingga 15 anggota ‘kelompok simpati’ atau dalam artian teman ‘biasa’. Hanya tiga hingga lima teman dekat yang dapat diandalkan dalam kesulitan.

Ilustrasi persahabatan lelaki. [Shutterstock]

Menurut Profesor Suzanne Degges-White, PhD, seorang penasihat dan penulis ‘Friends Forever: How Girls and Women Forge Lasting Relationships’, semakin ke sini, orang-orang akan semakin memperkecil lingkungan pertemanannya.

Mereka memilih menginvestasikan sedikit waktu luang mereka untuk memiliki satu atau dua sahabat daripada harus terjun dalam lingkungan di luar kelompok itu.

“Beberapa dari kita mungkin menemukan sejumlah teman yang benar-benar memiliki pemikiran yang sama dengan kita, dan jadwal mereka dan ketersediaan (waktu) sama persis dengan kita. Kita mulai mengandalkan mereka untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan sosial kita,” tuturnya.

Persahabatan bisa lebih baik dari keluarga (Shutterstock)
Ilustrasi persahabatan (Shutterstock)

“Kita mungkin tidak memiliki ruang dalam hidup kita untuk sejumlah besar teman,” sambungnya lagi.

Profesor Robin Dunbar juga mengatakan, terlalu banyak sahabat bisa membuat wanita lebih stres dan bahkan berdampak pada kesuburan.

“Stres yang Anda derita memengaruhi kestabilan sistem endokrinologi menstruasi dan sangat cepat menyebabkan infertilitas. Infertilitas wanita sangat didorong oleh tekanan sosial,” katanya, dilansir dari Telegraph.co.uk.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/06/11/190500/tak-usah-terlalu-banyak-pakar-ungkap-kita-hanya-butuh-3-sahabat
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...