Selain Nata de Coco, 4 Bahan Makanan Ini Sempat Diisukan Mengandung Plastik


Suara.com – Belum lama ini, publik dibuat khawatir dengan adanya berita nata de coco yang mengandung plastik. Namun tak lama kemudian, pihak BPOM dan produsen terkait mengatakan bahwa berita hoaks tentang nata de coco itu tidak benar.

Bukan hanya nata de coco, ternyata sejumlah bahan makanan pernah diisukan menganduk plastik.

Mereka mencoba membuktikan hal tersebut dengan cara membakar bahan makanan. Ketika dibakar, makanan tadi akan menyala dan menghasilkan cairan hitam.

Berikut Suara.com rangkum 4 makanan yang sempat diisukan mengandung plastik dari berbagai sumber, Selasa (10/12/19).

1. Beras

Ilustrasi beras atau nasi. (Shutterstock)

Sempat membuat masyarakat heboh, yakni adanya isu beras plastik di Desa Motongkad, kabupaten Mongondow Timur.

Awalnya masyarakat menerima sumbangan beras dari Program Beras Sejahtera. Beras yang dibagikan memang tak memiliki aroma seperti pada umumnya, dan memiliki tekstur licin.

Masyarakat curiga beras tersebut mengandung plastik setelah memasaknya. Ketika sedang dimasak, ada beras yang jatuh mengenai bara api.

Saat tersulut api, beras tadi menyala bak plastik terbakar. Penduduk tersebut juga sempat mencoba cara lain untuk membuktikan hal tersebut dengan cara melakukan sangrai terhadap beras.

Hasilnya, beras tersebut menghasilkan busa asap mirip plastik.

2. Gorengan

Ilustrasi gorengan dengan minyak yang dipakai berulang-ulang bikin batuk saat mengonsumsinya. (Shutterstock)
Ilustrasi gorengan dengan minyak yang dipakai berulang-ulang bikin batuk saat mengonsumsinya. (Shutterstock)

Rasanya gorengan mengandung plastik ini sudah tak jarang Anda dengar bukan? Makanan mengandung plastik ini sempat viral di Binjai, Sumatera Utara.

Diberitakan bahwa kala itu ada seorang warga yang membeli gorengan. Betapa terkejutnya mereka ketika melihat sang pedagang memasukkan gorengan yang terdapat campuran plastik di dalam minyak goreng mendidih.

Ketika dicoba dibakar, benar saja gorengan itu meneteskan cairan warna hitam.

3. Telur Ayam

Ilustrasi telur asin yang sudah dimakan (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi telur  (Pixabay/congerdesign)

Berita telur ayam plastik ini sempat menghebohkan masyarakat Jawa Timur. Ya, kejadian tersebut menggemparkan peternakan ayam di wilayah Tropodo dan Bangun, Jawa Timur.

Berdasarkan penelitian, ayam-ayam ternak itu mencari makan di antara sampah plastik.

Hal tersebut dibenarkan oleh para peneliti. Di mana mereka menemukan kandungan PSOF dalam telur yang sulit terurai. Tentu saja, hal ini membahayakan jika sampai tertelan dalam tubuh manusia.

Penelitian itu menyebutkan bahwa telur yang berasal dari Tropodo tadi mengandung kadar dioksin dan juga plastik cukup tinggi.

4. Bihun

Ilustrasi bihun. (Pixabay/mayken)
Ilustrasi bihun. (Pixabay/mayken)

Belum lama ini beredar pula video, di mana seseorang mencoba membakar sebuah bihun. Ya, tidak sedikit yang mengklaim bihun tersebut memiliki kandungan plastik.

Kabar tersebut viral usai seseorang membeli bihun dengan merek Superior Putri Jagung. Tetapi si pembeli merasa janggal, karena bihun tak dapat dipotong.

Saat ditarik juga bihun yang dibeli tidak bisa lepas meskipun digunting. Karena curiga, akhirnya si pembeli tadi mencoba membakar bihun yang dibelinya itu.

Tak disangka bihun tersebut langsung terbakar cepat. Akhirnya bihun dengan merek yang disebutkan di atas tadi ditarik dari peredaran oleh pihak berwajib.

Website resmi BPOM juga menyebutkan bahwa bihun tersebut mengandung plastik. Para pedangang di pasar juga telah mengetahui bahwa merek bihun itu memiliki kandungan plastik.

Nah itu dia tadi 4 bahan makanan yang pernah diisukan mengandung plastik selain nata de coco. Jadi mulai sekarang Anda wajib lebih cermat ya ketika menerima informasi dan memilih bahan makanan.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/12/10/194335/selain-nata-de-coco-4-bahan-makanan-ini-sempat-diisukan-mengandung-plastik
قالب وردپرس

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...