Sebelum Apply Kartu Kredit Travelling, Pastikan Dulu Beberapa Alasan Ini



Suara.com – Kartu kredit khusus travelling bisa menjadi salah satu fasilitas menarik yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit. Isinya adalah beragam promo yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran atau bujet selama liburan.

Mulai dari promo hotel, diskon tiket pesawat, cashback makan di restoran, hingga voucher liburan gratis, ditawarkan dengan beberapa ketentuan dari bank penerbit kartu kredit tersebut. Jadi, selain bisa digunakan untuk mencicil biaya liburan, Anda juga mendapatkan keuntungan lain buat liburan. Menarik? Tentu saja!

Namun, apabila Anda tertarik dan ada niatan untuk mengajukan kartu kredit spesial buat travelling, ada hal-hal yang harus diperhatikan dan tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu. Apa sajakah itu? Berikut beberapa hal yang harus dipastikan itu, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apakah Anda Ingin Mendapatkan Liburan Gratis?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kartu kredit khusus travelling umumnya memiliki program yang memungkinkan pemiliknya bisa liburan gratis. Bank penerbit kartu kredit tersebut nantinya akan memberikan voucher liburan gratis bagi nasabahnya.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan, tanyakan kepada bank penerbit kartu kredit, apakah mereka memiliki keuntungan seperti itu atau tidak. Setelah itu, cari tahu bagaimana cara mendapatkan benefit tersebut.

Ada banyak cara untuk mendapatkan privilege tersebut, mulai dari mengumpulkan poin reward dan sebagainya. Dan yang pasti, kartu kredit travelling tentunya akan lebih banyak memberikan benefit seputar travelling juga.

2. Apakah Anda Membutuhkan Program Cicilan Tiket Pesawat 0%?

Percuma kalau punya kartu kredit tapi tidak bisa mencicil tiket pesawat untuk liburan. Apalagi jika Anda memiliki rencana liburan ke luar negeri, karena semua juga tahu harga tiket pesawat ke luar negeri tidaklah murah.

Nah, tentu akan lebih menyenangkan jika pembelian tiket pesawat itu bisa dengan cara dicicil. Terlebih lagi jika cicilannya nol persen alias tanpa beban bunga cicilan.

Itu semua bisa Anda dapatkan apabila memiliki kartu kredit travelling. Umumnya kartu kredit travelling memang menawarkan fasilitas tersebut kepada nasabahnya.

3. Apakah Anda Butuh Asuransi Mobil Sewaan?

Kartu kredit travelling yang paling menguntungkan adalah yang memiliki fasilitas asuransi mobil sewaan. Apa maksudnya? Misalnya Anda berencana berlibur ke Yogyakarta, dan setibanya di sana rencananya mau menyewa mobil untuk transportasi selama liburan.

Nah, untuk itu, Anda perlu memastikan apakah kartu kredit yang akan diajukan memiliki fasilitas asuransi untuk mobil sewaan tersebut. Hal ini akan sangat berguna untuk menghindari risiko-risiko yang dapat membuat Anda mengeluarkan uang lebih.

4. Apakah Anda Memerlukan Fasilitas Pembatalan Perjalanan?

Sudah jauh-jauh hari mengatur rencana liburan, tiket hotel dan pesawat juga sudah dibeli, tapi mendekati hari-H ternyata Anda berhalangan dan tidak bisa liburan. Tentu akhirnya, tiket hotel dan pesawat terpaksa harus dibatalkan. Coba hitung, berapa kerugian yang didapatkan? Sudah rugi waktu, juga rugi uang.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih kartu kredit yang memberikan fasilitas pembatalan perjalanan, yang jelas akan mengurangi kerugian Anda. Tentunya, hal ini biasanya berlaku untuk hotel dan tiket pesawat yang dibayarkan melalui kartu kredit tersebut.

5. Apakah Anda Butuh Akses Lounge Bandara?

Kebanggaan tersendiri saat menggunakan kartu kredit travelling adalah bisa mengakses lounge bandara internasional. Di mana biasanya lobi di bandara-bandara internasional tersebut tidak bisa diakses sembarangan.

Selain itu, desain lounge bandara juga rata-rata sangat indah dan nyaman untuk tempat menunggu. Makanya, tanyakanlah kepada bank penerbit kartu kredit, apakah mereka nantinya juga akan menyediakan fasilitas tersebut.

6. Apakah Anda Butuh Kemudahan Transaksi dalam Mata Uang Asing?

Saat liburan ke luar negeri menggunakan kartu kredit, pastikan kartu kredit yang dimiliki bisa untuk bertransaksi di luar negeri. Ini karena mata uang negara asal pastinya berbeda dengan mata uang di negara tujuan.

Oleh sebab itu, Anda harus menanyakan hal tersebut kepada bank penerbit yang akan dipilih. Tanyakan juga secara rinci, apakah ada biaya tambahan untuk transaksi di luar negeri. Kalau ada, berapa besarannya.

7. Apakah Anda Butuh Kartu Kredit yang Otomatis Memberi Asuransi Perjalanan?

Agar aman selama perjalanan hingga pulang, ada baiknya memang Anda menggunakan asuransi perjalanan. Ini karena asuransi perjalanan akan melindungi Anda dari risiko-risiko yang tidak diinginkan, mulai dari delay penerbangan, bagasi hilang, berbagai insiden, dan lain sebagainya. Jadi, tanyakan pada bank penerbit kartu kredit, apakah mereka memiliki fasilitas ini atau tidak.

Jangan Lupa Bayar Cicilan Sehabis Liburan

Pekerjaan rumah yang harus Anda lakukan setelah liburan nantinya adalah membayar cicilan tagihan. Jangan sampai pula Anda telat membayar cicilan kartu kredit, karena bisa-bisa tagihan berikutnya akan semakin membengkak karena juga harus membayar denda keterlambatan.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cek Promo Kartu Kredit Terbaru

Ini Waktu yang Tepat untuk Memiliki Kartu Kredit

Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/10/10/194500/sebelum-apply-kartu-kredit-travelling-pastikan-dulu-beberapa-alasan-ini
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...