Sanggar Bengkel Kreasi Tembilahan Suskes Gelar Pementasan di Yogyakarta


INHIL, RIAUGREEN.COM – Sanggar Bengkel Kreasi (Bengkres) Tembilahan sukses menggelar pementasan tunggalnya di Gedung Taman Budaya Yogyakarta, DI Yogyakarta. 

Mengangkat naskah dengan Judul Tengku Sulung, Sanggar Bengkres sukses memukau sekitar 300 orang penonton yang hadir dalam pementasan tersebut.

Pementasan Sanggar Bengkres mendapat sambutan baik Penonton yang datang dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Riau khususnya kabupaten Inhil, serta masyarakat dan seniman kota Yogyakarta yang ingin mengetahui sejarah perlawanan pahlawan yang berasal dari Inhil.

Riki Syahlani selaku mahasiswa asal Kabupaten Inhil mengaku sangat senang dan bahagia dengan adanya pementasan ini, sehingga dirinya menjadi tau sejarah pahlawan yang berasal dari Kabupaten Inhil.

“Saya berharap pementasan ini tidak hanya sekali saja dilakukan, karena  pementasan yang ditampilkan sangat banyak sejarah dan pelajaran yang perlu diambil oleh para generasi muda,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sanggar Bengkres, Roma Irama, mengucapkan terimakasih kepada para pihak –  pihak yang telah turut membantu sehingga acara pementasan yang kurang lebih 2 bulan persiapannya ini dapat terwujud sesuai dengan yang telah direncanakan.

“Kami berharap kedepannya, akan selalu ada support dari setiap kalangan sehingga kami selaku generasi muda, selalu konsisten bergerak dalam bidang kesenian dan kebudayaan untuk memperkenalkan daerah melalui jalur ini,” ujar Rhoma kepada di Tembilahan, Jum’at (8/11).

Rhoma menuturkan, pementasan yang digelar pada Selasa (5/11) malam tersebut, juga menampilkan KBM Riau Universitas Ahmad Dahlan yang juga merupakan mitra kerjasama dalam pementasan tunggal sanggar Bengkres di Kota Yogyakarta. 

Selain itu dikatakan Rhoma, pementasan ini juga turut di hadiri oleh Asisten 3 Setda Inhil RM Sudinoto yang sangat mengapresiasi konsistensi Sanggar Bengkres Tembilahan dalam kesenian dan kebudayaan yang dapat memperkenalkan kebudayaan Riau khususnya Inhil.

“Mengangkat nama baik Inhil dengan memperkenalkan daerah melalui jalur kesenian, apalagi dengan mengangkat naskah tengku sulung  yang juga  merupakan pahlawan yang berasal dari Inhil yang melakukan perlawanan kepada belanda,” imbuh Rhoma.

Lebih rinci Rhoma Ari Musapia selaku sutradara dalam pementasan ini mengatakan, naskah pementasan Tengku Sulung karya Bengkres sebenarnya memiliki 2 episode, namun naskah yang di pentaskan kali ini adalah episode ke 2.

“Karya yang bertajuk teater bangsawan tengku sulung ini masih jauh dari kata sempurna, masih perlu upaya untuk mencari jejak sejarah panglima Tengku Sulung yang sudah lama tenggelam oleh zaman,” tutur.

sutradara muda Inhil yang juga dikenal sebagai penggiat busana melayu di Kabupaten Inhil ini.

Oleh karena itu, pria yang akrab di sapa ari ini, menyatakan, sanggar Bengkres akan fokus untuk menyempurnakan naskah pementasan Tengku Sulung ini untuk kedepannya.

“Dalam 2 tahun ini akan fokus kepada penggalian sejarah Tengku Sulung,” pungkasnya . (ms)


Sumber : http://riaugreen.com/view/Inhil/45562/Sanggar-Bengkel-Kreasi-Tembilahan-Suskes-Gelar-Pementasan-di-Yogyakarta.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...