Resmikan Moko Polres Rohul Baru, Kapoda Riau Titipkan Kepada Masyarakat



ROKANHULU – Kepala Polisi Daerah (Kapolda) RiauI rjen Pol. Drs. Widodo Eko Prihastopo MM meresmikan pemakaian gedung baru Markas Polisi Resor Rokan Hulu,  (Mako Polres Rohul) yang diberada di Jalan Lingkar KM 4 Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Rabu, (26/6/2019).

Peresmian Itu disaksikan oleh Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Sekda H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Ketua DPRD Rohul, Kelmi Amri SH, Kajari Freddy Daniel Simanjuntak SH, M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Sunoto SH,MH, Kalapas Kelas II B Pasirpengaraian M.Lukman.Camat, Kades, Lurah, Ketua Lam Riau Rohul h.zulyahdaini, Hulubalang Rohul,  Ketua Banteng Muda Indonesia Rohul Kabul Situmorang, Ketua Pemuda Pancasila Rohul Reynaldi SE dan undangan lainnya.

Pada peresmian Moko Polres Rokan Hulu yang baru itu,  rjen Pol. Widodo Eko Prihastopo datang bersama penjabat Polda Riau, ada Itwasda, Karo Sarpras, Karo Rena, Karo Ops, Dirkrimsus, Dir Narkoba, Dansat Brimob, Dirbinmas, Kabid Humas dan lainnya, ada Kapolres Rokan Hulu AKBP Muhamad Hasyim Risahondua SIK, MSI, Wakapolres, Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasi Porpam, Paur Humas, Kanit, Polwan, Ketua Bhayangkari Cabang Rohul bersama pengurus dan seluruh personil Polres Rokan Hulu.

Terpantau acara peresmian Mako baru  Polres Rokan Hulu itu merupakan acara yang sangat  luar biasa, terlihat dari tenda tempat  acara berwarna merah putih menunjukkan persatuan NKRI. Tampak ratusan papan bunga ucapan selamat juga berjejeran dari luar hingga kedalam gedung yang dibangun dari dana APBN (DIPA RKA-KL Polres Rohul tahun anggaran 2018) Itu.

Mulai dari kedatangan putra terbaik yang berbintang dua dipundaknya Itu disambut oleh jajaran personil Polres Rohul yang sudah berbaris  dengan iringan musik adat setempat. Kapolda Riau juga dikalungi bunga oleh Ketua LAM Riau Rohul, disambut dengan pencat silat dan tari persembahan dari Pemerintah Daerah setempat dipanggung ada dua MC diantara yang terpilih MC nasional Ucok Parla Siregar yang terus menjadikan suasana acara pun sangat meriah.

Mengawali laporannya Kapolres Rokan Hulu AKBP Muhamad Hasyim Risahondua SIK, M.Si menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada Bapak Kapolda Riau yang sudah datang meresmikan penggunaan Mako Polres Rohul yang baru tersebut.

“Kami juga berterimakasih kepada
Pemkab Rohul, sehingga pembangunan Mako Polres Rohul dapat terlaksana di awal Agustus 2018 dan hari ini diresmikan oleh Bapak Kapolda Riau,” kata Kapolres Rokan Hulu.

Lanjutnya menceritakan sejarah adanya' Mako Polres Rokan Hulu pertama menggunakan lahan tempat Polsek Rambah yang berada di Desa Koto Tinggi jalan Diponegoro yang saat itu Kabupaten Rokan Hulu mekar dari Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Selanjutnya karena perkembangan Kabupaten Rokan Hulu semakin maju, Pemda Rokan Hulu menghibahkan lahan dengan luas 6 hektar yang berada di KM 8 Kecamatan Rambah Samo sekaligus  pembangunan  gedung  Mako Polres melalui dana APBD sehingga bangunannya sudah mencapai 80 persen.

Namun karena jauh dari ibu Kota dan Pertokoan  sekira 8 Km dan  ditahun 2016 Pemkab Rokan Hulu kembali menghibahkan tanah di KM 4 Jalan Lingkar Desa Suka' Maju Kecamatan Rambah untuk dibangun Mako Polres Rokan Hulu yang baru dan Bangunan di KM 8 Kecamatan Rambah Samo dikembalikan ke Pemda Rokan Hulu yang saat ini dijadikan Kantor Dinas Perhubungan Rokan Hulu.

“Dari dana anggaran Dipa APBN Tahun 2018, Mako Polres Rokan Hulu kembali dibangun dan hari ini sudah kita saksikan bersama peresmian penggunaannya,” tutur AKBP Muhamad Hasyim.

Lanjut AKBP Hasyim menerangkan, Mako Polres Rohul dibangun‎ diatas lahan 6 hektar tanah hibah dari Pemkab Rokan Hulu dan sudah diurus sertifikatnya atas nama CQ Polri.

Pembangunan Mako Polres Rohul di Jalan Lingkar KM 4 Desa Sukamaju ini Tambahnya, dibangun dari dana APBN (DIPA RKA-KL Polres Rohul tahun anggaran 2018), dengan nilai anggaran Rp 13.478.280.000, dengan luas bangunan Type 2.400. Dan ditahun 2016 dilahan ini juga sudah dibangun rumah susun anggota Polres  Rohul dari APBN PUPU RI 3 lantai dengan 48 pintu.

Masih Hasyim, selain dibangun 2 lantai, Mako Polres Rohul yang baru akan dilengkapi fasilitas umum, berbagai ruangan sesuai kebutuhan dan rumah tahanan juga ada termasuk sarana olahraga, rumah dinas mulai dari pejabat utama sampai anggota, lapangan tembak, dan masjid dan paling depan mau masuk ada tempat pelayanan awal masyarakat.

Ia menambahkan, Mako Polres Rohul baru ini akan dibangun  PT. Cahaya Panam Perkasa, selaku rekanan pemenang lelang dengan masa kerja 180 hari kalender, terhitung 2 Juli 2018 sampai 28 Desember 2018, dengan konsultan perencana CV. Citratama Arsitek dan Konsultan Pengawas CV. Indrawati Arsitektur..

“Kami sangat mengharapkan doa dan dukungannya. Semoga kami dalam menjalankan tugas, untuk melayani, mengayomi masyarakat Rokdapat terjalin hubungan yang lebih baik lagi. Dan masyarakat jangan segan-segan untuk memberikan informasi, kritikan kepada kami Polri khususnya di negeri seribu suluk ini,” harapnya.

Sementara Itu dalam sambutannya Bupati Rohul H. Sukiman juga menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat datang di Negari Seribu suluk kepada Kapolda Riau untuk acara peresmian Moko Polres Rokan Hulu yang baru.

“Semoga pada awal kedatangan Bapak Kapolda Riau ini, bisa  terus datang melihat kami masyarakat Rokan Hulu.  Dan atas peresmian Kantor Polres Rokan Hulu baru ini, harapan Polri khususnya di Rohul  meningkatnya lagi jalinan silaturahim dalam kebersamaan membangun Rokan Hulu lebih baik kedepan nya lagi,” kata Bupati Rokan Hulu.

Lanjut Bupati Rohul mengharapkan dengan Mako baru, maka terus terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat di Negeri Seribu Suluk tersebut dan meningkatnya pelayanan yang selama ini sudah terlaksana.

“Mudah-mudahan dengan adanya Mako Polres Rohul yang baru, semangat pula meningkatkan keamanan di Kabupaten Rokan Hulu kedepan. Apa lagi Rokan Hulu juga akan menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah lagu. Tentu harapan sama dengan situasi pada saat Pemilu 17 April 2019 yang lalu aman kondusif dan terlaksana sejuk,” harap Bupati Sukima

Dalam kesempatan Itu juga Bupati Rohul mantan Dandim dan Wakil Bupati Rokan Hulu itu mengaku akan membebaskan tanah yang ada pas depan Moko Polres Rokan Hulu yang baru saat ini.Namun dirinya berharap kepada kawan-kawan pemilik lahan tidak menawarkan harga tinggi.

“Inikan tanah pas belakang panggung atau depan Polres yang baru ini masih terganggu pemandangan. Mudah-mudahan lahannya cepat dibebaskan, sehingga pemandangan dan ke indahan Mako Polres Rohul yang baru terlihat oleh masyarakat,”  terangnya

Sementara, Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, dalam sambutannya mengatakan pada kunjungannya ke Kabupaten Rokan Hulu, sekaligus meresmikan Mako Polres Rokan Hulu ia membawa serta sejumlah perwira Polda Riau.

Dengan diresmikannya gedung Mako Polres baru ini, Kapolda Riau mengharapkan kinerja dan pelayanan Kepolisian di Rokan Hulu terhadap masyarakat terus meningkat, dalam menjalankan tugas Polri.

‎”Harapan saya kepada Kapolres tingkatkan kerjasama yang sudah baik dengan pak Bupati, dengan seluruh segenap unsur Forkompimda di Kabupaten Rokan Hulu ini,” harapnya.

“Untuk ke depannya agar lebih baik lagi, sehingga bersinergi antara kelembagaan ini dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Kapolda Riau.

Kapolda Riau juga menitipkan Personil dan  Mako Polres Rohul Kepada masyarakat negeri seribu suluk untuk sama-sama saling bersinergi dari berbagai kegiatan dalam mewujudkan rasa kebersamaan membangun NKRI semakin maju lagi, khususnya di Kabupaten Rokan Hulu.

“Saya titipkan Anggota Polri' dan Mako Polres Rohul ini bersama-sama dengan masyarakat Rokan Hulu dalam menjaga  khatibmas seperti yang sudah terlaksana selama ini sangat kondusif dan Itu yang sama-sama kita teruskan,” kata Kapolda Riau.

Usai meresmikan, Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, didampingi Bupati Rokan Hulu juga berkeliling, meninjau langsung beberapa ruangan yang ada di Mako Polres Rokan Hulu, termasuk sel tahanan di gedung baru ini.

Masih di kunjungan kerjanya di Kabupaten Rokan Hulu tersebut, Kapolda Riau juga menyalurkan sejumlah bantuan, termasuk bantuan untuk anak-anak panti asuhan, dan pompa air untuk membantu proses pemadaman saat terjadi kebakaran lahan dan hutan dan berfoto bersama dengan seluruh undangan yang hadir. (Fah)

Sumber : http://spiritriau.com/view/Sosial/135043/Resmikan-Moko-Polres-Rohul-Baru–Kapoda-Riau-Titipkan-Kepada-Masyarakat.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...