Potret Megah Kuil Shri Raja Rajeshwari, Mirip Batu Caves di Malaysia


Suara.com – Kawasan wisata Batu Caves di Malaysia merupakan salah satu destinasi yang banyak diburu turis. Bukan cuma terkenal karena tangganya yang warna-warni bak pelangi, Batu Caves juga memiliki patung emas dewa Hindu yang menjulang tinggi.

Namun, tahukah Anda jika patung emas sang dewa yang disebut Patung Dewa Murugan itu ternyata juga dapat ditemukan di Indonesia?

Terletak di Desa Padang Cermin, Langkat, Sumatera Utara, ada sebuah kuil Hindu yang bernama Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil.

Kuil Shri Raja Rajeshwari ini sebenarnya merupakan kuil yang cukup tua. Dirangkum dari berbagai sumber, kuil ini sudah ada sejak tahun 1820 silam.

Saat itu, kuil ini didirikan untuk mengakomodasi orang-orang India yang dibawa oleh Inggris untuk bekerja di Sumatera.

Kuil Shri Raja Rajeshwari, Sumatra Utara (instagram.com/kevintandian)

Tak jauh berbeda dengan Batu Caves di Malaysia, kuil ini juga dilengkapi dengan patung Dewa Murugan yang berdiri di sebelah kiri Shri Raja Rajeshwari.

Patung Murugan ini memiliki tinggi 16 meter, cukup jauh jaraknya dengan Patung Murugan di Batu Caves yang memiliki tinggi 42,7 meter.

Meski begitu, Patung Murugan di Kuil Shri Raja Rajeshwari dinobatkan sebagai yang tertinggi kedua di dunia setelah Malaysia dan tentunya tak kalah megah.

Kuil Shri Raja Rajeshwari, Sumatra Utara (instagram.com/rrajapal)
Kuil Shri Raja Rajeshwari, Sumatra Utara (instagram.com/rrajapal)

Selain Patung Murugan yang menarik perhatian, kecantikan Kuil Shri Raja Rajeshwari pun tak bisa disepelekan.

Pasalnya, kuil ini merupakan salah satu bangunan kuil Hindu terbesar di Indonesia. Belum lagi, kuil tersebut juga memiliki bentuk bertingkat dan dihiasi patung dewa yang dicat warna-warni.

Kuil Shri Raja Rajeshwari sendiri masih digunakan untuk ibadah hingga kini. Sehingga, wisatawan pun hanya bisa masuk ke dalam kuil hingga pukul 12.00 siang.

Sementara untuk berfoto dengan Patung Murugan atau melihat-lihat bagian luar, wisatawan bisa melakukannya sampai pukul 17.00 WIB.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/11/19/191358/potret-megah-kuil-shri-raja-rajeshwari-mirip-batu-caves-di-malaysia
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...