Petani di India Ramai-ramai Cat Anjing Jadi Mirip Harimau, Ini Alasannya


(CAKAPLAH) – Para petani di Shivamogga, Karnataka, India sengaja mengecat anjingnya hingga menyerupai harimau untuk menjaga ladang mereka.

Disadur dari NDTV, Selasa (3/12/2019), ide ini pertama kali diusulkan oleh Srikanth Gowda, seorang petani dari desa Naluru di Thirthahalli Taluk distrik Shivamogga.

Gowda telah mengecat bulu anjingnya sampai tampak menyerupai harimau. Cara ini dia lakukan untuk melindungi tanaman kopi dan pohon pinang dari ancaman monyet.

Dia sebenarnya telah melakukan upaya lain untuk mengusir monyet-monyet. Salah satunya menggunakan boneka harimau.

Tapi cara itu gagal mendapatkan hasil yang diinginkan. Lalu Gowda memutuskan untuk melukis anjingnya.

“Sebelumnya saya biasa membawa boneka (harimau) dari Goa dan menempatkannya di ladang saya untuk menakuti monyet. Tetapi dalam lama kelamaan, warna mainan akan memudar dan monyet akan kembali dan merusak panenan,” kata Gowda.

Ia menambahkan, “Kemudian saya melukis anjing saya, Bulbul, menggunakan pewarna rambut untuk membuatnya tampak seperti harimau,” ungkapnya kepada kantor berita setempat.

Gowda sekarang membawa Bulbul ke ladang dua kali sehari, saat pagi hari dan malam hari.

“Saya telah melihat monyet melarikan diri saat melihat anjing yang menyerupai harimau. Monyet-monyet sekarang menahan diri untuk tidak memasuki perkebunan saya,” katanya.

Anak perempuan Gowda, Amulya, mengatakan bahwa melihat keberhasilan trik ayahnya, para petani lain juga mulai ikut melakukannya.

“Dulu kami menghadapi banyak masalah karena ancaman monyet. Mereka dulu menghancurkan tanaman kami. Adalah ide ayahku untuk melukis anjing kami seperti harimau untuk menakut-nakuti monyet. Di desa kami semua orang menghargai dan mereplikasi ide ayah,” kata Amulya.

Sementara itu menurut laporan News18, Jumat (29/11/2019), petani di sana juga memasang poster anjingnya dan harimau di rumput untuk menakuti monyet-monyet nakal.

Ini bukan pertama kalinya seekor anjing mulai menyamar sebagai harimau di India. Seekor anjing bernama “Wag” di Udupim, Karnataka juga dicat dengan pewarna rambut hitam pada tahun 2016.

Pemiliknya, Nagaraj Mestha, mengatakan kepada Bangalore Mirror bahwa ia melakukannya untuk melindungi ladangnya dari merampok monyet.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/12/04/petani-di-india-ramairamai-cat-anjing-jadi-mirip-harimau-ini-alasannya/
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...