Pengurus Periode 2019-2024 Dilantik Apkasindo Diharap Makin Solid Sejahterakan Petani Sawit


PEKANBARU (CAKAPLAH) – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Riau periode 2019-2024 dilantik, Selasa (3/12/2019). Dengan pelantikan pengurus baru ini diharapkan Apkasindo semakin solid untuk kesejahteraan petani sawit

Pelantikan 60 orang pengurus Apkasindo Riau dilakukan oleh Ketua DPP Apkasindo, Ir Gulat Emas Manurung MP, di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Hadir Gubernur Riau, H Syamsuar.

Ketua Panitia Pelantikan, Menrizal, mengatakan, pengurus periode 2019-2024 ini merupakan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW Apkasindo dengan mengacu kepada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Muswilub dihadiri 200 lebih peserta dari berbagai kalangan pada Ahad (15/9/2019).

“Sesuai Muswilub DPW Apkasindo, secara aklamasi terpilih Santa Buana SP MM sebagai Ketua DPW, Apkasindo Riau periode 2019-2024,” kata Menrizal.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Apkasindo, Ir Gulat Medali Emas Manurung, menegaskan, saat ini ratusan ribu petani sawit yang telah tergabung dengan Apkasindo tidak akan melakukan pembakaran lahan.

“Apkasindo telah berkomitmen tidak sejengkal pun lahan petani terbakar 2029. Kita tidak mau lagi lengah,” tegas Gulat.

Gulat menjelaskan, saat ini terdapat 315 ribu kepala keluarga yang menjadi petani sawit di Riau. Dari angka itu, 50 persen di antaranya telah bergabung dengan Apkasindo.

Gulat menargetkan, ke depan seluruh petani sawit di Riau dapat menjadi bagian keluarga besar Apkasindo dan memiliki visi yang sama untuk menerapkan praktek perkebunan yang baik.

Terpisah, Ketua DPW Apkasindo Riau Santa Buana SP, menjelaskan pihaknya telah memiliki sejumlah skema untuk mengantisipasi kebakaran Karhutla. Selain fokus menjaga lahan milik masing-masing petani sawit, Apkasindo juga menyiapkan posko tanggap Api.

“Nanti setiap kecamatan akan ada empat posko. Posko itu akan berdiri di wilayah rawan Karhutla sesuai peta kerawanannya. Nah, di setiap posko akan diperkuat empat relawan. Kita akan menjalin komunikasi dengan setiap pihak terkait mulai dari polisi dan Pemda,” papar dia.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/12/03/apkasindo-diharap-makin-solid-sejahterakan-petani-sawit/
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...