Parah, Turis Sebut Budaya Menyeruput Mie di Jepang Menjijikkan


Suara.com – Siapa yang masih asing dengan budaya menyeruput mie dengan suara keras yang dilakukan orang Jepang?

Meski bisa dianggap tidak sopan di Indonesia, kebanyakan dari kita sudah maklum jika hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar bahkan bagian dari budaya Jepang.

BACA JUGA:

Soda KW dan 4 Jajanan Jadul Ini Bikin Kamu Kangen Masa-masa SD

Nyantai Makan Mie Ayam Saat Banjir, Warga Bekasi Ini Viral

Lagi Serius Siaran Mukbang, Mie Wanita Ini Malah Dilempari Sandal

Bahkan, di Jepang sendiri, makan mie dengan suara menyeruput keras dianggap sebagai sesuatu yang sopan dan bentuk penghargaan terhadap makanan.

Selain itu, menyeruput mie juga merupakan cara mereka untuk lebih menikmati rasa kaldu dan kuah yang menempel di mie.

Meski begitu, ternyata ada beberapa turis yang masih tidak memahami budaya ini dan malah menyebutnya menjijikkan.

Ilustrasi Makan Ramen (Pexels/Matt Hardy)

Hal ini dapat dilihat dari unggahan instagram akun @nsrebelyellow. Dalam unggahan itu, dikatakan jika turis menganggap budaya menyeruput mie sangat mengganggu.

Hal ini bahkan sempat dijadikan bahan pembicaraan di acara televisi Jepang. Topik yang dibahas saat itu adalah ”noodle harassment” atau nuuhara dalam bahasa Jepang.

Saat ditanya di acara tersebut, beberapa turis dari Swedia dan Amerika Serikat menyebut bahwa suara menyeruput terdengar seperti babi.

Ada pula turis dari Selandia Baru yang berkata jika suara itu membuatnya enggan duduk bersebelahan dengan orang Jepang saat makan.

Tak hanya itu, program televisi Jepang lain juga membuat daftar komplain para turis yang menyebut jika suara menyeruput mie terdengar seperti suara toilet diguyur. Duh.

Ilustrasi Ramen (Pexels/Quang Anh Ha Nguyen)
Ilustrasi Ramen (Pexels/Quang Anh Ha Nguyen)

Isu ini sendiri ternyata sudah ada sejak tahun 2017 silam, namun terus dibahas hingga saat ini.

Hal ini dikarenakan ada banyak turis Eropa dan Amerika yang masih tidak memahami budaya Jepang, serta mengaku jika mereka merasa terganggu.

Di sisi lain, tidak semua warga Jepang sebenarnya punya kebiasaan menyeruput mie. Meski begitu, komentar para turis ini jelas membuat warganet geram.

”Ini sebabnya orang-orang benci turis. Mereka tidak melakukan riset sebelum traveling dan berharap hal-hal sama seperti di negara asal mereka.”

”Di beberapa negara Asia, makan sambil bersuara adalah cara memberitahu jika kau menyukai makanannya dan sangat menikmatinya.”

”Itu budaya mereka, terima saja,” tulis yang lain.

Bagiamana menurutmu?


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/05/15/160500/parah-turis-sebut-budaya-menyeruput-mie-di-jepang-menjijikkan
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...