Mesjid Agung Islamic Centre Rohul Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit



ROKAN HULU – Bupati H. Sukiman Terima Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Drs Syamsuar M.Si, yang dipusatkan di Laman Bujang Mat Syam Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ, Jl. Jend Sudirman, Pekanbaru, Senin (2/12/2019). 


Perhargaan tersebut yakni, Mesjid Agung Islamic Centre (MAIC) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang berada di Komplek Kantor  Pemerintah Daerah Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk itu di Pasirpengaraian Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah, menjadi magnet dan daya tarik tersendiri baik bagi para wisatawan nusantara maunpun mancanegara. 


MAIC Rohul yang didesign khusus sebagai pusat kegiatan keagamaan juga sebagai kegiatan sosial serta wisata religi dan perekonomian. Sehingga Berkat eksistensi dan konsistensinya Pemerintah Kabupaten Rohul dan Badan Pengelola MAIC setempat dalam melaksanakan Program keagamaan juga dilengkapi dengan wisata religi Menara 99.


Sehingga  Mesjid Agung itu dijadikan Percontohan Paripurna di Indonesia, serta mendapat pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Riau Sebagai Destinasi Wisata Halal Nomor 1 Favorit dalam ajang Pesona Destinasi Riau 2019.Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk daerah dalam pengelolaan destinasi wisata religi.


Saat menerima penghargaan itu, Bupati Sukiman tampak juga didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul Syofwan S.Sos, Kabid Pemasaran Pariwisata Disparbud Rohul, Staff Perencanaan Disparbud Rohul Indah Tarigan dan staf Humas Setda Rohul.


Atas penghargaan itu, Pemkab Rohul dapat Piagam Penghargaan, Cinderamata dan Uang Pembinaan senilai Rp 15.000.000.


Acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata Riau dengan acuan penilain berbasis 3A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas) dan 3S ( Size, Sustainable, Spread). Adapun destinasi yang meraih prestasi pada ajang penghargaan ini di antaranya Masjid Agung Islamic Centre dari Rokan Hulu sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit, Rimbang Baling dari Kabupaten Kampar sebagai destinasi favorit, Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansing sebagai destinasi event favorit.


Selanjutnya Destinasi Wisata Sejarah Favorit diraih Istana Asserayah Al Hasyimiah Kabupaten Siak. Sedangkan penghargaan kepada bupati/wali kota diraih oleh Bupati Siak Alfedri atas kinerjanya di sektor pariwisata.


Disampaikan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman Senin malam, terpilihnya MAIC Rohul Sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit dalam ajang Pesona Destinasi Riau 2019 ini patut disyukuri dan tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Rohul.


"Alhamdulillah kita bersyukur atas penghargaan MAIC Rohul sebagai Destinasi Wisata Halal Favorit, tentunya atas pengakuan prestasi dari Pemprov ini, karena kita dinilai konsistensi dalam program keagamaan dan memberikan akses kenyamanan, baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara, mulai dari fasilitas yang disediakan, seperti Menara 99 hingga pendukung lain, seperti kuliner, transportasi becak, souvenir dan sebagainya," kata Sukiman


Mantan Dandim Inhil ini mengaku, penghargaan diraih tersebut berkat kerja keras bersama, baik Pemkab Rohul, Disparbud Rohul, Badan Pengelola MAIC Rohul dan masyarakat. Atas Prestasi yang diraih, Bupati Sukiman berharap OPD dan seluruh stakeholder terus bersinergi untuk meningkatkan wisata religi yang makin edukatif dan informatif.


"Terutama dengan mengedepankan kreativitas dan inovatif menyesuaikan dengan perkembangan zaman untuk menarik minat wisatawan, ke depan harus lebih maju yang didukung seluruh elemen masyarakat," katanya


Ia berharap kedepannya dengan di tetapkannya MAIC Rohul sebagai Destinasi Wisata Halal nomor 1 Favorit  di Provinsi Riau, disamping memberikan peluang sebagai tujuan pertama dan utama wisatawan ke Rohul.


“Selain itu juga dapat mengembangkan destinasi serta kuliner lain di Rokan Hulu untuk berkembang, dalam rangka membuka peluang usaha baru untuk membuka lapangan pekerjaan dan peningkatan ekonomi masyarakat serta kontribusi Pariwisata untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rokan Hulu,” harapnya


Dari indikikator penilaian, Sebagai masyarakat Rohul kita patut berbangga, pasalnya Jumlah Kunjungan Wisatawan di MAIC Rohul dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2019 ini kunjungan wisatawan mencapai 1.474.073, kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus) 1.474.046, sementara untuk Kunjungan Wisatawan Mancanegara sebanyak 27 Orang.


Selain itu, Pengunjung MAIC Rohul terus bertambah dari Provinsi dan Kabupaten, seperti Kabupaten Kampar, Siak, Pelalawan, Pekanbaru, Provinsi Sumbar, Provinsi Sumut dan Kalimantan. Kemudian, untuk wisatawan mancanegara seperti dari Negara Malaysia, Thailand, Singapura, India, Canada, Australia dan Palestina.


Disektor Sosial Ekonomi masyarakat disekitar Destinasi Wisata Religi MAIC Rohul dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah seperti Menara 99 MAIC Rohul, pada tahun 2019 mencapai Rp 347.860.000. *(Rls/Diskominfo).




Sumber : http://spiritriau.com/view/Advertorial/141161/Mesjid-Agung-Islamic-Centre-Rohul-Ditetapkan-Sebagai-Destinasi-Wisata-Halal-Favorit.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...