Mengancam Keselamatan, 5 Kota ini Tak Ramah Bagi Pesepeda


Suara.com – Siapa yang tidak senang menikmati keindahan kota sambil mengayuh sepeda berselimutkan udara yang sejuk? 

Bersepeda di jalan lengang, bebas intimidasi kendaraan bermotor, dan jauh dari polusi yang mencekat merupakan impian setiap pesepeda yang menyisir lekuk perkotaan.

Meski demikian, tentu tidak semua kota memiliki ciri menyenangkan ini, terlebih 5 kota yang jadi mimpi buruk bagi para pesepeda seperti dihimpun Suara.com dari berbagai sumber berikut:

1. Hong Kong

(Pixabay Carlo Yuen)

Ada tiga hal yang membuat Hong Kong menjadi mimpi buruk bagi para pesepeda: kepadatan kota yang begitu ekstrem, topografi kotanya, dan iklim.

Hong Kong merupakan salah satu tempat terpadat di dunia yang tak menyisakan banyak ruang di jalan. Terlebih bagi para pesepeda dan pejalan kaki.

Selain itu, jalanan kota yang berbukit-bukit membuat aktivitas bersepeda di kota ini menjelma kegiatan yang begitu menguras tenaga.

Iklim Hong Kong yang lembab dan panas juga membuat para pesepeda mudah lelah kala berkendara di kota ini.

2. Sydney, Australia

Selain kurangnya jalur bagi para pesepeda, pengamat dunia goweser menyebut kota ini harus menggelar kampanye serius demi membangun budaya ramah sepeda yang jauh lebih baik.

Sebab agaknya para pengemudi di Sydney lebih memusuhi para pesepeda dibanding para pengendara motor.

3. Delhi, India

(Pixabay Pexels)
(Pixabay Pexels)

Sebuah studi yang dirilis para peneliti dari University of Cambridge mengungkapkan bahwa mengendarai sepeda di Delhi sebaiknya dilakukan selama lima jam atau kurang dari seminggu. Hal ini disebabkan polusi udara yang menjangkiti kota ini.

Delhi merupakan salah satu kota paling tercemar di dunia. Bahkan polusi udara di Delhi, dua kali lebih buruk ketimbang Beijing.

4. Moskow, Rusia

Moskow dikenal sebagai salah satu kota dengan kemacetan lalu lintas terparah di muka bumi. Hal ini tentu berdampak sangat buruk bagi keselamatan para pengguna jalan terlemah di kota ini: pesepeda dan pejalan kaki.

Sesaknya jalanan membuat para pesepeda terpaksa menyisir trotoar dan membahayakan para pejalan kaki.

Sementara di jalan, tidak ada ruang selain bagi para pengendara kendaraan bermotor.

5. Kairo, Mesir

Di Kairo, sepeda dianggap sebagai moda transportasi kasta terendah. Hal ini kian diperparah dengan kenyataan bahwa jalanan di kota ini begitu buruk, penuh dengan jalanan berlubang dan polusi udara yang mencekat.

Itulah lima kota tidak ramah sepeda di dunia versi Suara.com.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/05/21/180719/mengancam-keselamatan-5-kota-ini-tak-ramah-bagi-pesepeda
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...