Melihat Gugusan Pulau Perawan di Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung


Suara.com – Nusa Tenggara Timur punya destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara, seperti Pulau Komodo.

Meski begitu, ada juga destinasi yang belum terlalu dikenal padahal memiliki keindahan yang masih terjaga. Salah satunya adalah Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung.

Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung ini berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Letaknya ada di pantai utara pulau Flores, dan tergolong susah dijangkau.

Karena alasan itulah, Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung masih jarang dikenal turis. Padahal, keindahan pulau-pulaunya yang masih perawan terasa bak surga.

Nama Taman Laut 17 Pulau Riung mungkin memang sedikit unik dan asing. Terlebih, sebenarnya ada 24 gugusan pulau besar dan kecil di sini.

Namun, nama tersebut sebenarnya terinspirasi dari hari kemerdekaan Indonesia. Angka 17 diambil dari tanggal 17 Agustus 1945.

Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung (instagram.com/inyowangge)

Di Taman Laut 17 Pulau Riung, wisatawan bisa berkeliling dengan kapal dan mengunjungi pulau-pulau berpasir putih yang masih asri.

Dari ke-24 pulau tersebut, ada beberapa yang menjadi favorit turis. Namanya adalah Pulau Ontoloe dan Pulau Rutong.

Khusus Pulau Ontoloe, turis dapat menikmati lebih dari sekadar wisata bahari semata. Pasalnya, pulau ini dihuni banyak kelelawar yang akan beterbangan menjelang senja.

Sementara, fauna lainnya yang bisa ditemukan di Taman Laut 17 Pulau Riung adalah rusa timor, biawak mbou, bangau hitam, burung beo, elang, parkit berdada kuning, hingga bangau putih.

Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung (instagram.com/herry.zhuang)
Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung (instagram.com/herry.zhuang)

Meski begitu, aktivitas utama yang kerap dilakukan wisatawan di Taman Laut 17 Pulau Riung adalah diving dan snorkeling.

Sayangnya, belum ada fasilitas penyewaan peralatan diving dan snorkeling di sini. Sehingga, wisatawan pun harus siap membawa peralatan mereka sendiri.

Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung sendiri hanya menarik biaya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 100.000 untuk wisatawan mancanegara.

Yakin tidak tertarik melihat gugusan pulau-pulau yang masih perawan dengan harga terjangkau ini?


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/12/14/123057/melihat-gugusan-pulau-perawan-di-taman-wisata-laut-17-pulau-riung
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...