Lestarikan Budaya Betawi, Remaja 16 Tahun Bikin Website Setu Babakan


Suara.com – Lestarikan Budaya Betawi, Remaja 16 Tahun Bikin Website Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang tersohor di Jakarta. Sayangnya, kurangnya informasi terkait sejarah hingga fasilitas yang ada membuat potensi wisata Setu Babakan menjadi tidak maksimal.

Frances Caitlin Tirtaguna, penulis buku Ondel-Ondel Galau yang berisi tentang kebudayaan Betawi, melakukan riset di Setu Babakan tahun lalu dalam rangka penulisan bukunya. Pengalamannya melakukan riset di sana membuatnya berpikir mengenai banyak hal tentang Setu Babakan, mulai dari minimnya informasi online yang kredibel yang bisa didapatnya saat melakukan riset hingga perekonomian masyarakat di PBB Setu Babakan.

“Salah satu alasan saya membuat eebsite Perkampungan Budaya Betawi karna Saya menyadari banyak orang yang tidak tahu dan kenal Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini,” ungkapnya, melalui siaran pers yang diterima Suara.com.

Remaja aktif berusia 16 tahun ini akhirnya berinisiatif untuk membuat sebuah portal WEBSITE PBB Setu Babakan agar siapapun bisa mengakses dengan mudah informasi lengkap tentang Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi. Website inipun mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan.

Frances Caitlin Tirtaguna, remaja 16 tahun yang membuat situs website Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. (Dok. Frances)

Maksud dan tujuan Frances disambut baik oleh para tokoh Betawi dan Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan. Atas permintaan Abang dan Mpok di UPK PBB Setu Babakan serta Bang Indra Sutisna dan Bang Yahya Andi Saputra sebagai tokoh masyarakat Betawi sekaligus pembimbing dan pendamping Frances dan teamnya dalam penyusunan isi website ini, maka disepakati nama website adalah www.setubabakanbetawi.com atau www.perkampunganbudayabetawisetubabakan.com.

“Kawasan ini tertutup oleh media, Kita seolah ada di kawasan yang antah berantah, akhirnya ada keinginan dari masyarakat betawi dan mulailah dilihat orang-orang. Alhamdulillah hari ini kita dibantu oleh Frances dengan keinginan yang luhur dan mulia bagaimana perkampungan betawi ini menguak unsur kebudayaan yg ada di semua unsur kebudayaan betawi Saya berterima kasih pada Frances. Ini adalah impian semua menjadi terkenal di dunia. Website itu adalah satu halaman muka dari sebuah masyarakat karna hal itu menarik, kita akan kewalahan menerima tamu luar negeri,” ungkap Yahya Andi Saputra.

Website yang diinisiasi Frances ini berisikan tentang Sejarah, Profil, Fasilitas, Ragam Budaya (mulai dari Kesenian, Adat & Tradisi, Pakaian Adat, Transportasi Tradisional, Rumah Adat, Permainan, Seniman & Tokoh hingga Kuliner Betawi), Acara & Berita serta Mitra Pedagang.

Frances Caitlin Tirtaguna, remaja 16 tahun yang membuat situs website Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. (Dok. Frances)
Frances Caitlin Tirtaguna, remaja 16 tahun yang membuat situs website Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. (Dok. Frances)

Melalui website ini Frances juga bertekad untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian
masyarakat PBB Setu Babakan. Karena pengunjung Website bisa dengan mudah mencari makanan dan minuman tradisional Betawi, kerajinan dan batik Betawi, hingga sanggar-sanggar Kesenian Betawi yang diperlukan.

Dengan demikian diharapkan para Mitra Pedagang dan Pengrajin PBB Setu dapat berkesempatan untuk memiliki pasar yang lebih luas.

“Kita bersama dengan UPK dan ada orangnya untuk menjadi operator, kalau update, news dll ini bisa di update,” tutup Indra Sutisna.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/05/16/211934/lestarikan-budaya-betawi-remaja-16-tahun-bikin-website-setu-babakan
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...