Lepas Personel Kawal Pilkades, Ini Pesan Kapolres Inhu 



RIAUMANDIRI.ID RENGAT – Kapolres Indragiri Hulu, AKBP Efrizal, SIK melepas personelnya untuk mengawal jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang ketiga di Indragiri Hulu, Senin (2/12/2019).

Pelepasan dilaksanakan dalam Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Dandim 0302 Inhu Letkol ARH Hendra Roza, SIP dan Kapolres Inhu AKBP Efrizal, SIK, bertindak sebagai Komandan Apel Ipda Andraleksi.

Sebagaimana diketahui bersama pemilihan Kepala Desa Secara Serentak Tahun 2019 ini dilaksanakan di 62 Desa secara serentak pada tanggal 4 Desember 2019. Pemilihan Kepala Desa Gel III tahun 2019 ini sudah memasuki tahap pelaksanaan, saat ini sudah dilakukan pendistribusian logistik pilkades ke 62 desa, desa seluruh Kabupaten Indragiri Hulu. 

“Tahapan kampanye baru saja kita lalui alhamdulillah kita jalani dengan tertib aman dan bermartabat. Hal ini menandakan bahwa masyarakat kita semakin bersikap dan berperilaku dewasa serta cerdas dalam berpolitik dan tentunya tidak terlepas dari peran aktif pihak Kepolisian, TNI, serta pihak terkait lainnya,” ucap Kapolres.

“Untuk itu pada kesempatan ini saya atas nama Kapolres Indragiri Hulu menyampaikan ucapan terima kasih dan kita semua berharap agar kondisi aman tertib ini berlangsung sampai akhir proses Pilkades selesai,” tambahnya.

Menurutnya, beberapa hal yang perlu dicermati bersama atas potensi kerawanan pelaksanakan Pilkades Tahun 2019 yang tinggal beberapa hari lagi yakni mobilitas politik atas nama etnik, agama, daerah. Konflik yang bersumber pada kampanye negatif (black campaign) pada hari tenang, konflik yang bersumber pada premanisme politik dan pemaksaan kehendak, konflik yang bersumber dari manipulasi suara dan konflik yang bersumber kecurangan perhitungan suara. 

“Saya yakin hal ini dapat kita atasi bersama dengan semangat serta keinginan kita bersama untuk menciptakan Pilkades Tahun 2019 yang aman, tertib, jujur dan adil serta berkualitas,” kata Kapolres.

Ada 4 hal penekanan Kapolres Inhu kepada personel.

Pertama, agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta memohon ridhonya agar pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III Tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses dan berkualitas.

Kedua, kenali wilayah tugas masing-masing dan laksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas.

Ketiga, laporkan diri saudara sebelum ke TPS kepada Kapolsek, kepala desa/lurah, KPPS, Linmas dan unsur lainnya yang terkait dengan penyelenggaraan pemungutan suara Pilkades serentak Gel III tahun 2019 dan lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh stakeholder.

Keempat, menjaga dan memegang teguh komitmen netralitas dalam pilkades serentak Gel III tahun 2019.



Sumber : https://www.riaumandiri.id/read/detail/77904/lepas-personel-kawal-pilkades-ini-pesan-kapolres-inhu%C2%A0
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...