Kuansing Raih Duta GenRe Jalur Pendidikan, Pekanbaru dan Kampar Juara Jalur Masyarakat 


RIAUMANDIRI.CO, BANGKINANG – Kegiatan Ajang Kreasi Remaja (AKR) dan Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Tingkat Provinsi Riau tahun 2019 yang dilaksanakan di Kabupaten Kampar 20-23 Juni 2019 berjalan sukses. Kabupaten Kampar dinilai banyak kalangan sukses selaku tuan rumah.

Untuk Pemilihan Duta GenRe Provinsi Riau tahun 2019, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)  berhasil mengawinkan gelar juara 1 Duta GenRe Putra dan Duta GenRe Putri untuk kategori (jalur) Pendidikan.

Juara I Duta GenRe Putra jalur pendidikan ini diraih Alif Ihran Fahen dan Juara I Duta GenRe Putri diraih Viani Ghafini Deflides. Tidak itu saja dua orang Duta GenRe dari Kuansing ini juga berhasil meraih juara Favorit Duta GenRe Putra dan Duta GenRe Putri. 

Sedangkan untuk jalur masyarakat, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar berbagi juara. Juara I Duta GenRe Putra diraih Kota Pekanbaru atas nama Muhammad Firda Azil. Sedangkan Juara I Putri jalur masyarakat diraih oleh Kabupaten Kampar 1 atas nama Yusnita Imlatul K. 

Kepala Perwakilan BKKBN Riau Agus P Proklamasi menyerahkan hadiah untuk juara 1 Duta GenRe Putra dan Putri Jalur Masyarakat.

Dengan demikian 4 orang duta GenRe Provinsi Riau ini yakni, Alif Ihran Fahen, Viani Ghafini Deflides, Muhammad Firda Azil dan Yusnita Imlatul K berhak mewakili Provinsi Riau di ajang AKR dan Pemilihan Duta GenRe tingkat Nasional. 

Hadiah juara I GenRe Putra dan Putri jalur Pendidikan diserahkan oleh Bupati Kampar yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Kampar Syamsul Bahri dan hadiah untuk juara 1 Duta GenRe Putra dan Putri jalur masyarakat diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Agus P Proklamasi pada acara penutupan AKR dan Pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Riau di aula kantor Bupati Kampar, Sabtu (22/6/2019) malam.

Pemilihan Duta GenRe ini terdiri dari dua kategori (jalur) yakni Jalur Pendidikan dan Jalur Masyarakat.  11 Kabupaten/Kota dari 12 di Kabupaten/Kota di Riau masing-masing mengirimkan 4 peserta,  satu putra dan satu putri untuk jalur pendidikan, satu putra dan satu putri untuk jalur masyarakat. 

Khusus Kabupaten Kampar selaku tuan rumah mengirimkan 8 peserta yang dibagi dalam Kampar 1 dan Kampar 2. Sedangkan Kabupaten Rokan Hilir tidak ambil bagian dalam kegiatan AKR dan Pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi ini. 

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kampar Edi Afrizal menyerahkan hadiah kepada pemenang.

Selama ajang Pemilihan Duta GenRe ini, para peserta Pemilihan Duta GenRe ini melalui berbagai tahapan lomba (seleksi) yakni seleksi tes tertulis, psikotes dan wawancara. Setelah lolos seleksi ini peserta mengikuti tahapan selanjutnya yakni materi penyuluhan.

Untuk lomba penyuluhan ini tinggal diikuti oleh 24 finalis (6 besar per kategori). Saat lomba materi penyuluhan ini dewan juri memberikan pertanyaan kepada peserta dan peserta diberikan waktu 3 menit untuk menjawabnya.

Berbagai pertanyaan disampaikan dewan juri, seperti tentang nafza, seks pra nikah, nikah bawah umur, pendidikan, kampung KB, kesehatan remaja, gadget, pendidikan seks bagi remaja dan lain sebagainya.

Setelah materi penyuluhan, maka masuk babak berikutnya yakni Grand Final. Pada babak ini hanya diikuti oleh 12 finalis (3 besar per kategori). Saat grand final ini peserta diberi waktu 1 menit menjawab pertanyaan dewan juri. 

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kampar Edi Afrizal mengaku puas dengan pelaksanaan Ajang Kreatifitas Remaja (AKR) dan Pemilihan Duta GenRe Provinsi Riau yang berjalan sukses dan lancar.  

“Kesuksesan ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak baik pemerintah, masyarakat, aparat keamanan, maupun panitia. 

“Kami mengucapkan terimaksih atas dukungannya,” ujar Edi. 

Terkait prestasi Kabupaten Kampar dalam kegiatan ini, Edi mengaku bangga. Di mana peserta dari Kampar telah tampil dengan maksimal. Meskipun belum berhasil meraih juara umum namun peserta Kampar telah berhasil meraih juara di berbagai cabang yang dilombakan baik itu di AKR maupun di Pemilihan Duta GenRe.  

Salah seorang peserta Pemilihan Duta GenRe Rahmat Agil Al Hafiz dari Kabupaten Kampar kepada Riaumandiri.co mengaku bangga bisa tampil dalam pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Riau ini,  meskipun belum berhasil meraih juara. Ia mengakui peserta-peserta lain memang tampil cukup baik. 

Rahmat Agil Al Hafiz yang saat ini menempuh pendidikan SMAN 2 XIII Koto Kampar mengaku termotivasi ikut Pemilihan Duta GenRe karena ingin mengembangkan PIK Remaja (Pusat Informasi dan Konseling) di XIII Koto Kampar.  

“PIK Remaja di XIII Koto Kampar sudah terbentuk tapi kurang aktif,” ujarnya.  

Reporter: Herman Jhoni



Sumber : https://www.riaumandiri.co/read/detail/71351/kuansing-raih-duta-genre-jalur-pendidikan-pekanbaru-dan-kampar-juara-jalur-masyarakat%C2%A0
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...