Koleksi Kolaborasi dengan Uniqlo Jadi Rebutan, Cari Tahu tentang Kaws yuk!


Suara.com – Sudah dengar berita tentang koleksi kolaborasi terbaru Uniqlo dengan seorang seniman Kaws yang berhasil mencuri perhatian dunia karena jadi rebutan banyak orang?

Mungkin nama Kaws cukup asing di telinga orang awam. Namun, ia sebenarnya bukanlah pendatang baru dalam dunia seni kontemporer.

Diketahui bahwa Kaws sudah puluhan tahun berkarya, memberi sentuhan mata ‘XX’ yang menjadi ciri khasnya karyanya. Di masukkan ke dalam karakter ikonik seperti Snoopy, Mickey Mouse, The Simpson, hingga Sesame Street.

Karya Kaws dari mainan hingga patung sangat diincar oleh para penggemar. Bahkan brand dan desainer ternama seperti Uniqlo dan Dior juga mengajak Kaws berkolaborasi.

Dilansir dari laman Asia One, ada Brian Donnelly, pria di balik nama Kaws. Pada era 1990an, Kota New York dipenuhi dengan berbagai macam iklan, mengambil banyak ruang luas yang seharusnya dapat digunakan oleh seniman jalanan sebagai kanvas untuk berkreasi.

Koleksi Uniqlo x Kaws. (Instagram/@uniqlo)

Sepertinya ia tak ingin mengalah dari iklan-iklan komersial tersebut. Pria asal New Jersey itu justru merusak papan iklan dan halte bus dengan menggambar karakter buatannya.

Karakter yang dibuatnya seperti The Companion, Bendy, dan The Accomplice, serta nama panggilan KAWS. Karena hal tersebut, datanglah sebuah kesempatan untuk Kaws merancang lini mainan kecil dengan perusahaan pakaian Jepang Bounty Hunter.

Mainan tersebut dijual dengan harga 50 dolar atau sekitar Rp 700 ribu hingga 100 ribu dolar atau setara dengan Rp 1,4 juta saat dirilis pertama kali.

Koleksi Uniqlo x Kaws. (Instagram/@uniqlo)
Koleksi Uniqlo x Kaws. (Instagram/@uniqlo)

Sekarang, patung-patung mainan tersebut laku dijual kembali dengan harga sepuluh kali lipat atau lebih dari harga aslinya.

Sejak saat itu, nama Kaws semakin populer. Proyek mainan itu membuat keahlian Kaws semakin bertambah, mulai dari karya dua dimensi, kini lebih dari itu.

Bahkan dirinya pernah membuat patung tiga dimensi dengan tinggi lima meter dari karakter The Companion. Kemudian sejak tahun 2004, Kaws telah bekerja sama dengan beberapa artis hip hop.

Salah satunya adalah Kanye West. Kanye West berkolaborasi dengan Kaws dalam mendesain sampul albumnya yang berjudul 808s dan Heartbreaks.

Kaws juga merancang sepatu untuk Nike dan Marc Jacobs. Selain itu, Kaws berkolaborasi dengan merek-merek fashion A Bathing Aper, Comme Des Garcons, Undercover, Vans, dan yang baru-baru saja membuat heboh dunia yaitu Uniqlo.

Koleksi Uniqlo x Kaws. (Instagram/@uniqlo)
Koleksi Uniqlo x Kaws. (Instagram/@uniqlo)

Beberapa karya Kaws juga sudah dipajang permanen di museum, seperti di Brooklyn Museum, Museum of Modern Art New York, dan Museum of Contemporary Art San Diego.

Saat ini, koleksi mainan buatan Kaws dijual dengan harga beragam, mulai dari action figure kecil seharga 351 dolar atau setara dengan Rp 5 jutaan sampai 12.700 dolar atau sekitar Rp 180 juta. Wow!

Itulah yang membuat orang-orang heboh ketika koleksi Uniqlo dan Kaws dirilis. Kapan lagi mempunyai karya Kaws dengan harga yang masih sangat terjangkau? Dikabarkan bahwa di berbagai negara, koleksi ini habis dalam hitungan jam saja.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/06/11/174000/koleksi-kolaborasi-dengan-uniqlo-jadi-rebutan-cari-tahu-tentang-kaws-yuk
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...