Jauh dari Mana-mana, Ada Apa di Tempat Paling Terpencil di Bumi?


Suara.com – Ada berbagai tempat di Bumi yang masih menyisakan misteri atau tidak terjangkau peradaban manusia. Salah satunya adalah tempat paling terpencil di dunia, atau yang bernama Point Nemo.

Seperti namanya, Point Nemo adalah sebuah titik yang terletak lebih dari 1.600 km dari peradaban terdekat.

Ya, seperti dilansir Suara.com dari berbagai sumber, Point Nemo bukanlah benua, pulau, atau tempat yang bisa dihuni manusia.

Alih-alih, tempat paling terpencil di Bumi ini disebut juga ”the oceanic pole of inaccessibility” atau titik di laut yang paling jauh dari daratan.

Pulau terdekat dari Point Nemo adalah pulau Pitcairn di utara, pulau Paskah di timur laut, dan Antartika di selatan.

Point Nemo, tempat paling terpencil di Bumi (Wikimedia Commons)

Tanpa memiliki daratan, tentunya tak ada manusia yang tinggal di sini. Terlebih nama Nemo sendiri sebenarnya adalah bahasa Latin untuk ”no one” atau bukan siapa-siapa.

Selain itu, titik ini pun tak mudah untuk dikunjungi. Ada arus samudera yang berputar dan menjebak di sini, sehingga kehidupan biota laut pun jarang.

Tak hanya itu, para ilmuwan pun pernah mendengar suara ‘bloop’ keras dari dalam laut sekitar Point Nemo dan hingga sekarang sumbernya masih misteri.

Saking terpencilnya, dipercaya bahwa manusia terdekat dari Point Nemo sebenarnya malah para astronaut yang ada di International Space Station (ISS).

Ini karena astronaut di ISS berada di ketinggian 285 mil atau 458 km dari Bumi, jauh lebih dekat dari jarak 1.000 mil yang ada di daratan.

Ilustrasi sampah antariksa (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi sampah antariksa (Pixabay/Free-Photos)

Lalu, benarkah tidak ada apa-apa di Point Nemo selain misteri?

Sebenarnya, Point Nemo ditemukan di tahun 1992 sebagai titik terjauh dari peradaban manusia serta tempat di mana tak banyak biota laut tinggal.

Karena alasan itulah, Point Nemo akhirnya digunakan sebagai makam bagi satelit dan pesawat ulang-alik tak berawak.

Satelit dan pesawat tak berawak yang kembali ke Bumi memang tidak sepenuhnya hancur terbakar di atmosfer. Demi keselamatan penduduk, sisa-sisa sampah antariksa ini pun diarahkan dan dibuang ke Point Nemo.

Sampai saat ini, paling tidak sudah ada 300 wahana antariksa yang dibuang di Point Nemo.

Jika bisa mengintip apa yang ada di dalam Point Nemo, apakah travelers tertarik untuk melihatnya?


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/05/16/182659/jauh-dari-mana-mana-ada-apa-di-tempat-paling-terpencil-di-bumi
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...