Jalan-jalan ke Borobudur, Ini 4 Aktivitas Selain Melihat Candi


Suara.com – Nama Candi Borobudur tak hanya akrab di kalangan masyarakat Indonesia saja, melainkan sudah mendunia.

Bukan hanya diakui sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO, Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini juga merupakan Destinasi Super Prioritas yang akan dikembangkan pemerintah.

Meski begitu, ternyata wisata ke Candi Borobudur tak melulu berfoto dengan candi atau berupa wisata sejarah.

Selain melihat keelokan candi peninggalan Budha tersebut, ada sederet aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti dikutip dari laman Asia One berikut.

Apa saja?

1. Naik arung jeram

Aktivitas di Sekitar Candi Borobudur (instagram.com/kanditandit)

Bagi travelers yang ingin menantang adrenalin saat berkunjung ke Borobudur, tak ada salahnya menjajal arung jeram di Sungai Progo dan Sungai Elo.

Terkenal dengan arusnya yang kuat, wisata arung jeram di sini dapat menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi, wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Candi Borobudur.

2. Belajar membuat keramik

Aktivitas di Sekitar Candi Borobudur (instagram.com/tayux)
Aktivitas di Sekitar Candi Borobudur (instagram.com/tayux)

Terletak sekitar 5 km dari Borobudur, ada Desa Klipoh yang dikenal sebagai sentra penghasil keramik. Bahkan, proses pembuatan keramik itu bisa ditemukan di relief candi Borobudur.

Di desa ini, wisatawan bisa melihat proses pembuatan aneka peralatan makan dan dapur dari tanah liat hingga menjajal untuk membuatnya sendiri.

3. Mengunjungi galeri seni

Aktivitas di Sekitar Candi Borobudur (instagram.com/gusbi.id)
Aktivitas di Sekitar Candi Borobudur (instagram.com/gusbi.id)

Selain wisata sejarah, wisata seni juga bisa ditemukan melalui galeri seni yang ada di sekitar Borobudur.

Beberapa galeri tersebut adalah Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia, Lima Gunung Museum, Limanjawi Art House, dan Eloprogo Art House.

4. Mencicipi kopi Menoreh

Aktivitas di Sekitar Candi Borobudur (instagram.com/pesonajogja)
Aktivitas di Sekitar Candi Borobudur (instagram.com/pesonajogja)

Karena lokasinya yang terletak di perbukitan Menoreh, tak ada salahnya jika wisatawan juga mencicipi kopi Menoreh saat wisata ke Borobudur.

Kopi yang dipanen dari perkebunan di bukit Menoreh ini biasanya dapat ditemukan di kafe-kafe sekitar Candi Borobudur. Selain itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan momen minum kopi ini untuk menikmati panorama yang ada di sekitar Borobudur.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/11/17/110321/jalan-jalan-ke-borobudur-ini-4-aktivitas-selain-melihat-candi
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...