Hujan Tidak Merata Pekanbaru Masih Berasap, Jarak Pandang di Inhu 300 Meter


PEKANBARU (CAKAPLAH) – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Sabtu (14/8/2019). Namun kondisi saat ini tidak separah sehari sebelumnya. Karena hujan sempat mengguyur meski hanya sesaat dan tidak merata.

“Alhamdulillah tadi malam di Pekanbaru hujan, ini asapnya agak berkurang. Memang masih pekat, tapi tak sepekat hari sebelumnya,” ujar Adri Warga Rumbai, Sabtu (14/8/2019).

Ia mengatakan hujan ini adalah karunia Allah SWT karena doa-doa yang dipanjatkan oleh masyarakat Riau selama ini. “Bangun tidur tadi lihat udah basah semua halaman. Memang masih ada bau asap, tapi tidak separah sebelumnya,” cakapnya.

Namun berbeda dengan yang disampaikan Oni, warga Panam. Ia mengatakan jika tak ada hujan di daerahnya malam tadi. “Tak ada hujan kok dari malam sampai pagi. Asapnya juga masih sama, pekat,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan, hari ini jarak pandang di Kota Pekanbaru memang sedikit meningkat dibanding hari sebelumnya.

“Jika kemarin sempat 300 meter, pagi ini jarak pandang sudah berada di angka 1.5 kilometer. Ini karena sebagian wilayah diguyur hujan,” jelasnya.

Disampaikan Marzuki, untuk daerah lain, juga masih diselimuti kabut asap. “Inhu itu masih sama dengan hari sebelumnya yakni 300 meter. Selanjutnya di Dumai jarak pandang bahkan sampai 2 Kilometer dan Pelalawan 800 meter,” ujarnya.

Sementara itu, untuk titik panas di Riau juga mengalami penurunan. Pantauan satelit hari ini ada 71 titik panas yang tersebar di 9 wilayah yakni di Bengkalis 3 titik, Meranti 2 titik, Kampar 7 titik, Kuansing 3 titik, Pelalawan 11 titik, Rohil 2 titik, Siak 1 titik, Inhil 39 titik dan Inhu 3 titik.

“Dari jumlah tersebut, 42 titik diantaranya dipastikan adalah kebakarn hutan dan lahan karena memiliki level confidence di atas 70 persen. Titik tersebut berada di Bengkalis 3 titik, Kampar 5, Kuansing 1 titik, Pelalawan 8 titik, Inhil 23 titik dan Inhu 2 titik,” cakapnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/09/14/pekanbaru-masih-berasap-jarak-pandang-di-inhu-300-meter/
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...