Hakim Setop Keterangan Saksi yang Singgung Habib Bahar Hina Jokowi



BANDUNG – Hakim Edison Muhammad menyetop keterangan saksi meringankan habib Bahar bin Smith dalam sidang kasus penganiayaan. Pasalnya, saksi bernama Muhammad Mahdi alias habib Mahdi sempat menyinggung kasus penghinaan Presiden Jokowi yang dilakukan oleh habib Bahar.

Disetopnya keterangan Mahdi berawal saat dia menjelaskan tentang upayanya mediasi dengan dua korban penganiayaan, Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. Saat itu, Mahdi yang bertemu Zaki di Rumah Sakit Polri Sukanto sempat berbincang dengan Zaki di ruang perawatan.

“Saya ngobrol dari hati ke hati, 'ente habib atau bukan itu urusan sama Allah. Ane datang mewakili habaib dan Habib Bahar mau sampaikan kejadian apa pun, ditunggangi politik. Karena Habib Bahar ada kasus penghinaan Jokowi,” ucap Mahdi di persidangan yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Bandung di Gedung Arsip dan Perpustakaan, Jalan Seram, Kota Bandung, Kamis (16/5/2019).

Keterangan Mahdi disetop Edison. Ketua majelis hakim dalam persidangan itu meminta agar Mahdi tak mengaitkan politik dan kasus lainnya dalam persidangan ini.

“Itu enggak ada, kita enggak bicara politik. Kita bicaranya kasusnya, yang berhak setop saya. Sesuaikan konteksnya. Terlalu jauh itu dan enggak akan selesai. Majelis enggak mau di luar konteks, yang saudara sampaikan menyinggung Jokowi enggak pernah disinggung di sini (persidangan). Oleh karena itu saya batasi. Kalau saudara datang, mediasi kita dengarkan,” kata Edison.

“Maksud saya menjelaskan secara keseluruhan,” Mahdi menerangkan.

“Saya mengerti, tapi yang ada hubungannya dengan terdakwa ini saja. Banyak cerita yang bisa dijelaskan. Mengerti?” kata Edison.

“Mengerti yang mulia,” jawab Mahdi.

“Kalau begitu jangan diulang,” ucap Edison menegaskan.

Mahdi lantas berbicara mengenai pertemuannya dengan Zaki. Menurut Mahdi, Zaki memaafkan namun tak bisa mencabut laporan karena yang melapor ayahnya.

Habib Bahar pernah dipolisikan oleh Jokowi Mania (Joman) ke Bareskrim Polri. Bahar dipolisikan atas ceramah yang menyebut 'Jokowi Banci'.

Ceramah itu awalnya disampaikan oleh habib Bahar dalam acara penutupan Maulid Arba'in di Gedung Ba'alawi, Jalan Ali Ghatmir Lorong Sei Bayas, Palembang, pada 8 Januari 2017. Kegiatan itu dihadiri kurang-lebih 1.000 orang.

Dalam ceramahnya yang viral itu, Habib Bahar mengeluarkan sejumlah pernyataan kontroversial, seperti menyebut 'Jokowi kayaknya banci'. Tak hanya itu, banyak pernyataan lain yang juga bernada menyerang Jokowi.

“Pengkhianat bangsa, pengkhianat negara, pengkhianat rakyat, kamu, Jokowi,” demikian transkrip ceramah habib Bahar bin Smith, yang turut jadi lampiran laporan polisi.






Sumber: detik.com

Sumber : http://spiritriau.com/view/Hukrim/132544/Hakim-Setop-Keterangan-Saksi-yang-Singgung-Habib-Bahar-Hina-Jokowi.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...