Hadapi Resiko Bencana Banjir dan Longsor, Ini Imbauan Gubri untuk Warga Kampar



RIAUMANDIRI.ID, BANGKINANG – Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto memimpin apel Siaga Pengurangan Resiko Bencana Banjir dan Tanah Longsor Provinsi Riau, serta membuka Pekan Pengurangan Resiko Bencana Tahun 2019 di Lapangan Pelajar Bangkinang Kota, Senin (18/11/2019).

Bupati Kampar saat membacakan arahan dari Gubernur Riau mengatakan, koordinasi, keterpaduan, kepedulian serta respon yang cepat diperlukan dalam penanggulangan banjir dan longsor.

Untuk itu, Gubernur Riau mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan perbekalan, obat-obatan pribadi terutama bagi yang tinggal di pemukiman yang rawan terhadap bencana banjir dan longsor. 

Meningkatkan kegiatan gotong royong, pembersihan drainase dan saluran air serta tidak membuang sampah di sungai, drainase dan tempat-tempat saluran air.

Mengaktifkan Siskamling di daerah rawan bencana banjir dan longsor untuk mengantisipasi bencana yang bisa datang secara tiba-tiba. 

Meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak dan balita agar tidak bermain diluar rumah ketika hujan dan air pasang agar korban jiwa akibat bencana banjir dan longsor bisa. Diminimalisir. 

“Bagi pemukiman yang rawan terhadap bencana longsor, agar melapor kepada RT/RW untuk diteruskan kepada BPBD Kabupaten/kota setempat guna menyiapkan bantuan evakuasi ketempat yang lebih aman,” terang Bupati membacakan arahan Gubri.

Menyiagakan pelampung pada setiap rumah tangga, baik berupa pelampung khusus maupun benen mobil bekas untuk antisipasi ketika banjir datang secara tiba-tiba, serta melaporkan situasi dan kondisi yang terjadi dengan aparat setempat.

Bupati mengharapkan kiranya seluruh komponen dapat segera mengantisipasi kejadian-kejadian yang diakibatkan oleh bencana banjir dan longsor ini, sehingga meskipun bahaya menghadang dapat kita lalui dengan tanpa adanya atau minimnya korban baik materil maupun jiwa.

Apel Siaga bencana banjir dan longsor sebenarnya merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Pengurangan Risiko Bencana Banjir Dan longsor,  seminar PRB dan Perlombaan Penggunaan Peralatan Penanggulangan Bencana yang diikuti oleh BPBD se-provinsi Riau,  Mahasiswa, PMI, Dunia Usaha,dan stakeholder di Kabupaten Kampar.

Selaku perwira apel Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kampar Nafiaruddin, SKM, M.Si, dan peserta apel dari TNI , Polres, ASN, Pramuka serta organisasi kemasyarakatan.


Reporter: Ari Amrizal



Sumber : https://www.riaumandiri.id/read/detail/77224/hadapi-resiko-bencana-banjir-dan-longsor-ini-imbauan-gubri-untuk-warga-kampar
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...