Habis Putus Cinta? Ini Aturan Main Media Sosial yang Perlu Kamu Tahu


Suara.com – Banyak hal yang jadi semakin rumit di era media sosial, apalagi menyangkut hubungan dengan mantan pacar. Jadi sebaiknya kamu perlu tahu aturan main media sosial setelah putus cinta.

Salah satu masalah generasi milenial ketika putus cinta adalah soal bagaimana bersikap di media sosial. Hubungan dengan mantan pacar tidak benar-benar bisa berakhir begitu saja. Mungkin raga tak pernah bertemu kembali. Namun, apa kabar dengan media sosial?

Pasti banyak pertanyaan yang mampir di pikiran kita. Bagaimana kalau masih ada di dalam satu grup chat yang sama? Haruskah keluar? Haruskah unfollow semua media sosialnya? Haruskah memblokir semua kontaknya? 

Pusing, kan? Hubungan percintaan masa kini memang berbeda dengan zaman dulu. Sekarang rumit dan pelik banget! Nah, dilansir dari The Guardian, ada beberapa aturan main media sosial setelah putus cinta. Simak baik-baik, ya.

1. Haruskah unfollow semua akun media sosial mantan?

Hayo ngaku, siapa yang di sini suka merasa kangen kalau lihat foto mantan muncul di timeline atau InstaStory? Ini kerap menjadi alasan utama seseorang gagal move on. Masih kepo dengan postingan mantan, sih.

Menarik diri dari media sosial sebenarnya tak perlu dilakukan. Sekarang media sosial dilengkapi dengan fitur mute post atau story yang bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Itu akan membuatmu tidak melihat postingan mantan untuk sementara tanpa harus unfollow atau memblokir akun mereka.

Ilustrasi stalking media sosial Instagram mantan. (Unsplash/Georgia Delotz)

2. Bagaimana dengan like postingan mantan?

Perkara menekan tombol like dan tidak ini juga cukup membingungkan. Sebenarnya tidak ada salahnya melakukan hal tersebut. Hanya saja ada baiknya untuk dihindari saja. Sebab, ada kemungkinan mantan pacar memiliki pikiran yang berbeda.

Namun, jika hubungan dengan mantan pacar sudah bisa kembali berteman baik sebelum pacaran, menyukai unggahan mantan di media sosial itu sah-sah saja. Memperbaiki hubungan menjadi lebih baik itu bukan ide yang buruk, kok.

3. Curhat di media sosial

Bukan rahasia lagi jika media sosial sering menjadi tempat untuk curhat. Ada perasaan senang ketika orang-orang menghiburmu di kala sedih. Beberapa juga merasa lega karena sekadar mencurahkan sesuatu yang tak bisa diceritakan secara langsung kepada orang lain. 

Namun, disarankan untuk tidak mengumbar terlalu banyak atau curhat kebablasan di media sosial. Media sosial bagaikan papan pengumuman, semua orang bisa membacanya. Perasaanmu bukan konsumsi publik, jadi lebih baik dihindari.

4. Keluar dari group chat yang sama dengan mantan

Ilustrasi chatting. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi chatting. (Unsplash/Rawpixel)

Keadaan awkward bisa menghampiri jika kamu dan mantan masih di dalam satu group chat yang sama. Jika itu sangat mengganggumu, sah-sah saja jika kamu keluar dari grup obrolan.

Nah, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, lebih baik kamu mengirimkan pesan kepada teman-temanmu secara pribadi mengenai alasan keluar dari grup itu.

5. Hindari mantan yang pernah lakukan kekerasan

Salah satu aturan main media sosial setelah putus cinta adalah hindari mantan pacar yang pernah lakukan kekerasan. Blokir saja semua akun media sosial dan nomernya. Jangan sampai ada celah untuk dia menghubungi atau tahu kehidupanmu lagi.

Ini hanya berlaku jika mantan pacar sudah benar-benar menyakitimu bahkan keluargamu juga.

Itulah tadi aturan main media sosial setelah putus cinta. Semoga bermanfaat.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2019/06/19/194000/habis-putus-cinta-ini-aturan-main-media-sosial-yang-perlu-kamu-tahu
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...