Diduga Disengaja, 1 Hektare Lahan di Rambah Terbakar


PASIR PENGARAIAN (CAKAPLAH) – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karlahut) terjadi Wilayah Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Senin (20/8/2019). Lahan seluas kurang lebih 1 Hektare yang berada di Jalan KH Dewantara, Desa Rambah Tengah Barat (RTB) diduga sengaja dibakar untuk membuka lahan perkebunan.

Beruntung, kebakaran lahan tersebut cepat diketahui Tim Gabungan Penanggulangan Karhutla Kecamatan Rambah yang sedang melakukan patroli di wilayah tersebut.

Terpantau, kuatnya tiupan angin sempat menyebabkan tim gabungan yang terdiri dari personel Polsek Rambah, Koramil Rambah dan BPBD Rohul, kewalahan dalam memadamkan kobaran api.

Bahkan percikan api dari kebakaran lahan tersebut sempat merembet ke lahan yang berada di sebelahnya serta membakar semak dan tanaman. Sebanyak 2 unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD dan Dampkar POL PP Rohul diturunkan untuk memadamkan api.

Kapolsek Rambah AKP Hermawan mengatakan, lahan yang terbakar tersebut diduga sengaja dibakar.

“Kita tengah melakukan penyeledikan dan mencari pemilik dan pelaku pembakaran. Jika terbukti, kita akan tindak tegas pemilik dan pelaku pembakaran. Dan untuk kepentingan penyelidikan, lahan yang terbakar tersebut sudah dipasangi garis polisi,” ucapnya.

Sementara itu, Plh Kepala BPBD Rohul Afrizal mengatakan, secara umum untuk hari ini, kebakaran hutan dan lahan hanya baru terjadi di Kecamatan rambah. Meski demikan, kondisi kabut asap di Rohul semakin menebal, diduga berasal dari asap kebakaran hutan dan lahan daerah tetangga.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/08/19/diduga-disengaja-1-hektare-lahan-di-rambah-terbakar/
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...