Deteksi Bibir Sumbing Pada Bayi dalam Kandungan, Bisa Kok



SETIAP orangtua ingin anaknya lahir dengan sehat dan kuat. Tapi, ada beberapa penyakit yang masih cukup banyak di Indonesia. Seperti bibir sumbing atau celah bibir pada bayi di Indonesia, masih terus terjadi.

Diperkirakan dari 700 kelahiran, satu di antaranya memiliki bibir sumbing. Meski penyebab bibir sumbing hingga kini masih misterius, kelainan bawaan lahir ini ternyata bisa dideteksi lebih awal pada masa kehamilan.

Jadi, kapan ibu hamil bisa melakukan deteksi kemungkinan terjadinya bibir sumbing pada janin? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Ibu hamil sangat diwajibkan untuk cek kesehatan secara rutin. Ini dilakukan bukan hanya untuk memantau kesehatan sang ibu, tapi juga perkembangan janin.

Pemeriksaan rutin dapat membantu ibu hamil mengetahui masalah yang mungkin menimpa sang bayi di kandungan, salah satunya bibir sumbing.

Kebanyakan orangtua mengetahui kondisi celah bibir setelah bayi dilahirkan. Namun, majunya perkembangan teknologi sekarang ini membantu orangtua dan dokter untuk melakukan deteksi bibir sumbing pada janin lebih dini.

Tes kesehatan yang bisa membantu melakukan deteksi celah bibir saat hamil adalah tes pencitraan berupa USG (ultrasonography) 3 atau 4 dimensi. Tes pencitraan ini bisa dilakukan saat masa kehamilan memasuki usia di atas 6 bulan.

Sayangnya, tes ini hanya bisa mengetahui bayi dengan kondisi celah bibir, tidak dengan celah langit.

Celah langit merupakan kelainan langit-langit mulut. Kelainan bawaan lahir ini biasanya sering terjadi bersamaan dengan bibir sumbing.

Kenapa berbeda? Celah langit lebih sulit dideteksi karena pertumbuhannya terjadi di bagian dalam tubuh sehingga sulit terlihat. Berbeda dengan bibir sumbing yang tampak dari bagian luar tubuh.

Lantas, bagaimana jika hasil USG bayi menunjukkan bibir sumbing? Bibir sumbing bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada bayi dalam kandungan Anda. Setelah melakukan deteksi bibir sumbing pada janin, dan ternyata dokter menyatakan bahwa bayi Anda mengalami kondisi ini, apa yang sebaiknya Anda lakukan?


Sumber : http://spiritriau.com/view/Kesehatan/132463/-Deteksi-Bibir-Sumbing-Pada-Bayi-dalam-Kandungan–Bisa-Kok.html
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...