Dengan Cara Ini Wabup Kuansing Halim Yakin Bisa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat



RIAUMANDIRI.ID, TELUK KUANTAN – Wakil Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Halim merupakan pengusaha sukses yang memiliki tekad dan komitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Halim saat dijumpai awak media, Jumat (8/11/2019) di perkebunan milik pribadinya. Menurut dia, Kabupaten Kuansing memiliki potensi cukup besar, baik di bidang perkebunan, pertanian, perikanan, dan pariwisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan demikian juga akan tercipta lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

“Kedepan saya memiliki gagasan dan inovasi yang baik dalam mengelola potensi, mendukung dan mendorong masyarakat kita agar kedepannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Kuansing,” ujarnya.

Dijelaskan Halim, salah satu gagasan dan inovasinya ini terlebih dahulu ia terapkan pada dirinya sendiri. Hal ini ia lakukan untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Kuansing memiliki potensi besar yakni salah satunya di bidang perkebunan.

“Contohnya saja saat ini saya membuat perkebunan serai wangi, dan pabrik penyulingan serai wangi. Alhamdulilah serai wangi ini ke depan sangat menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian kita. Sebab walaupun harga minyak dari serai wangi saat ini anjlok yakni dengan harga Rp 200 ribu per liternya namun kita masih untung kok,” ucapnya.

Tidak hanya tanaman serai wangi saja yang ia kembangkan,melainkan juga ada tanaman Durian Musang King yang dikembangkan di kebun miliknya.

“Bayangkan saja, harga termurah durian ini dihargai sekitar Rp300 ribu per buah. Kalau untuk harga tertinggi bisa sekitar Rp 350 ribu per kilonya,” ungkap Halim.

Sedangkan untuk perawatan dan pengelolaannya tidaklah susah, begitu juga untuk pemasarannya, dirinya akan usahakan untuk mencari pasar yang rutin yakni mendatangkan pembeli. Sebab serai wangi selain digunakan di dalam negeri juga diekspor ke negara-negara maju seperti Cina, Eropa dan Amerika.

“Kalaupun nantinya masyarakat kita tertarik, saya pribadi siap membantu dan mendukung bibit-bibitnya. Dan untuk pemasaranya saya siap membantunya,” ujar Halim.

“Kedepannya dengan adanya terobosan dan inovasi-inovasi seperti ini, masyarakat kita tidak hanya terfokus dengan perkebunan karet dan sawit saja, sehingga roda perekonomian masyarakat akan meningkat. Selain itu dampaknya juga membuka lapangan kerja,” pungkasnya.


Reporter: Suandri



Sumber : https://www.riaumandiri.id/read/detail/76850/dengan-cara-ini-wabup-kuansing-halim-yakin-bisa-tingkatkan-perekonomian-masyarakat
قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...